riau24 44 Pasien Gangguan Jiwa di Inhil Masih Dipasung | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Selama Tahun 2015, Diskes Inhil Tangani 312 Pasien Gangguan Jiwa

44 Pasien Gangguan Jiwa di Inhil Masih Dipasung

0
Berita Riau -  44 Pasien Gangguan Jiwa di Inhil Masih Dipasung

Inhil, Riau24.com - Kasus pasien Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Indragiri Hilir masih tergolong tinggi. Selama tahun 2015 ini saja Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir menangani tidak kurang dari 312 pasien ODGJ.

Bahkan dari 312 pasien tersebut, sebanyak 262 pasien ODGJ masih dalam proses pengobatan karena kondisi kejiawaanya yang masih labil. Sementara yang sudah dilepas pasung baru 50 orang.

"Sampai saat ini, ada sekitar 44 pasien yang masih dipasung, dan ini merupkan program kita di tahun 2017 menjadikan Inhil bebas pasung nantinya,"kata Kasi Kesehatan Khusus Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, Devi Natalia saat mendampingi proses pengobatan pasien ODGJ, yang datang dari Kecamatan Pulau Burung di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada (PH) Tembilahan, Rabu (11/11/2015).

"Terpaksa kami harus melakukan pengobatan keluar Inhil, tepatnya di Rumah Sakit Jiwa Tampan di Pekanbaru," katanya.

Ia mengungkapkan, selama ini pihaknya mengalami kesulitan dalam menangani pasien ODGJ yang ada di Inhil, karena saat ini belum tersedianya rumah singah bagi para pasien dengan ganguan jiwa tersebut.

"Berdasarkan data terakhir per November 2015, Diskes Inhil telah menangani Kasus ODGJ sebanyak 312 pasien," sebutnya.

Diungkapkan Devi, sebenarnya Inhil telah tersedia pengobatan bagi pasien ODGJ, di RSUD PH Tembilahan dengan ketersediaan obat yang lengkap, hanya saja pasien dengan kelebihanan khusus ini tidak bisa disamakan dengan pasien yang lainnya, maka selama ini untuk melakukan pengobatan secara maksimal harus dirujuk ke RS Jiwa yang ada di Pekanbaru.

R24/awa/rgo

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru