riau24 BKPM Pastikan Tak Ada Investor Tinggalkan Batam | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

BKPM Pastikan Tak Ada Investor Tinggalkan Batam

1
Kepala BKPM Franky Sibarani menyebut Sumitomo Wiring akan menambah investasi sebesar US$ 5 juta yang diperkirakan mampu menyerap sekitar 1.500 tenaga kerja baru. (Dok. Sekretariat Kabinet).
Berita Riau -  BKPM Pastikan Tak Ada Investor Tinggalkan Batam
Jakarta, Riau24.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memastikan tidak ada investor asal Jepang yang pergi meninggalkan Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam, Kepulauan Riau. Kepala BKPM Franky Sibarani memastikan PT Sumitomo Wiring System Batam Indonesia yang disebut akan hengkang dari Indonesia justru berencana melakukan perluasan usaha di kawasan itu.

Menurut Franky, Sumitomo Wiring akan menambah investasi sebesar US$ 5 juta yang diperkirakan mampu menyerap sekitar 1.500 tenaga kerja baru. Hal tersebut disampaikan Franky usai bertemu langsung dengan manajemen Sumitomo Wiring di Batam pagi ini.

Franky menyatakan ekspansi yang dilakukan oleh Sumitomo menunjukkan perbaikan iklim investasi di Indonesia direspons positif oleh investor asing.

"Jepang merupakan salah satu negara yang aktif dan berperan penting dalam upaya pemerintah menarik minat investasi asing. Oleh karena itu, ketika mendapatkan informasi bahwa mereka akan hengkang, BKPM aktif melakukan klarifikasi," ujar Franky dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (4/11/2015).

Meski demikian, Franky mengaku mendapatkan beberapa keluhan dari manajemen Sumitomo Wiring dan beberapa perusahaan lain yang menjadikan Batam sebagai basis produksinya. Diantaranya bertambah maraknya aksi demonstrasi pekerja di Batam, dan sudah tidak memadainya infrastruktur yang ada di sana.

Sementara Senior General Manager Sumitomo Wiring Djoko Adiprabowo menjelaskan perusahaannya akan memulai perluasan usaha pada akhir tahun ini. Ia mengatakan beberapa mesin baru akan didatangkan dari luar negeri untuk ekspansi tersebut.

"Mesin akan datang Desember ini, dan produksi akan dimulai Februari 2016," kata Djoko.

Sumotomo Wiring selama ini memproduksi wire harness dengan kapasitas produksi 260 ribu set per tahun dari pabriknya yang berlokasi di Kawasan Industri Batamindo. Seluruh produksi tersebut dijual ke pasar ekspor seperti ke Thailand, Vietnam, dan China dengan nilai ekspor sampai semester I 2015 sebesar US$ 383 juta. 

R24/rno/cnn 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Sabtu, 28 Oktober 2017 09:38 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/e82iK8s.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru