riau24 DPRD-KPU Bahas Data Pemilih Pilkada Pelalawan | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

DPRD-KPU Bahas Data Pemilih Pilkada Pelalawan

0
Salah satu Paslon Pilkada Pelalawan, HM Harris menunjukan nomor urut
Berita Riau -  DPRD-KPU Bahas Data Pemilih Pilkada Pelalawan
Pelalawan-Riau24.com-Pada Selasa siang (8/9/2015) DPRD Pelalawan bersama KPU setempat menggelar rapat membahas data pemilih pada pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember 2015 mendatang.

Pada rapat pembahasan yang digelar di ruang rapat kantor DPRD Pelalawan tersebut, dipimpin langsung ketua DPRD Pelalawan, Nazarudin MH yang dihadiri para anggota Komisi I DPRD Baharudin dan Nazarudin Arnazh dan para anggota dewan lainnya, Ketua KPU Nasarudin SH, anggota KPU Asmadi, Kadidukcapil Syafrudin, Ketua tim sukses Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Pelalawan dan isntansi terkait lainnya.

Pada saat memimpin rapat, Ketua DPRD Pelalawan Nazarudin MH mengaku bahwa pihaknya menggelar rapat dengan pihak KPU terkait data jumlah Pemilih Pilkada Pelalawan dengan mengundang instansi terkait karena adanya masukan dari masyarakat dimana adanya perbedaan yang sangat drastis dari jumlah pemilih di Pilres dengan jumlah DPS data pemilih di Pilkada Pelalawan yakni mencapai 48 ribu lebih.

”Untuk itu, kita minta pihak KPU menjelaskan terjadinya perbedaan data jumlah pemilih yang signifikan antara data pemilih Pilres lalu dengan data pemilih Pilkada pelalawan tahun ini. Selain itu, kita bahas data pemilih Pilkada ini dengan mengundang kedua Tim pemenangan kedua pasangan calon supaya data pemilih tetap yang ditetapkan KPU Pelalawan di rapat pleno nanti tidak menjadi sengketa. Kita tidak ingin data pemilih jadi sengketa nantinya maka kita undang dan rapatkan bahas data pemilih tersebut dengan pihak KPU dan instansi terkait,” tegas Ketua DPRD Pelalawan.

Usai membuka rapat, Ketua DPRD Pelalawan langsung mempersilahkan ketua KPU Pelalawan menjelaskan jumlah data pemilih DPS dan minta jelaskan penyebab terjadinya perbedaan data pemilih Pilres dengan data pemilih Pilkada tersebut.

Ketua KPU Pelalawan Nasarudin US, SH pun langsung memaparkan pendataan jumlah pemilih untuk Pilkada Pelalawan. Menurut Nasarudin, pihaknya dalam menggali data DP4 dengan melakukan coklit mengerahkan para petugas di setiap desa untuk melakukan pendataan jumlah pemilih kerumah-rumah.

Dengan cara pendataan itu, maka didapatkan data lebih valid dan faktual di lapangan.

”Karena data pemilih yang digunakan pada Pelaksanaan Pilkada berdasarkan PKPU adalah warga yang memiliki identitas KTP, KK, Paspor, Rezi dan surat domisili. Kalau tidak ada lima identitas tersebut, maka warga tidak bisa memilih. Kalau pada Pilres lalu, warga yang tidak punya identitas pun dan punya KTP nasional bisa memilih, sedangkan di Pilkada warga yang bisa milih punya KTP Pelalawan,” tegas Ketua KPU Pelalawan pada peserta yang hadir.

Kemudian Ketua KPU Pelalawan mempersilahakan Asmadi anggota Komisionernya menjelaskan sistem pendataan data pemilih Pilkada dilakukan KPU hingga mendapatkan data DPS 193 ribu lebih.

Asmadi sendiri mengaku bahwa pihaknya melakukan pendataan kerumah-rumah dilapangan guna mendapatkan data yang valid dan faktual. ”Dengan sistem pendataan yang kami lakukan tersebut, maka semua data pemilih bisa kami garansi untuk pertanggungjawabkan pada publik dan pada tim pasangan calon Bupati nantinya,” terangnya. R24/mrd/suhemri
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru