riau24 MKD DPR Persoalkan Pihak Keluarga yang Ikut Rombongan Setya | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

MKD DPR Persoalkan Pihak Keluarga yang Ikut Rombongan Setya

2
Sejumlah politikus PDI Perjuangan ke Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI. (CNN Indonesia/Indah Mutiara Kami)
Berita Riau -  MKD DPR Persoalkan Pihak Keluarga yang Ikut Rombongan Setya

Jakarta-Riau24.com-Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI akan meminta keterangan dari peserta delegasi yang ikut kunjungan kerja pimpinan DPR ke Amerika Serikat baru-baru ini. Keterangan yang bakal diminta terkait agenda acara yang berlangsung, jumlah anggaran yang digunakan hingga mempertanyakan pihak keluarga yang ikut dalam rombongan. 

Namun Wakil Ketua MKD Junimart Girsang tak dapat merinci soal waktu pemanggilan. Dia hanya menyebut proses ini akan dilakukan dalam waktu dekat.

Selain itu, Mahkamah Kehormatan juga berencana memanggil bakal calon presiden Amerika Donald Trump jika diperlukan. Hal ini merupakan upaya untuk meminta klarifikasi terkait perkara dugaan pelanggaran etika Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto dan wakilnya Fadli Zon yang hadir dalam konferensi pers bakal calon presiden Amerika tersebut. 

Junimart mengaku pemanggilan Donald Trump sudah dibahas dalam rapat pimpinan MKD Senin (7/9) kemarin, agar dapat dimintai klarifikasi langsung terkait kehadiran Setya Novanto dan Fadli Zon.

"Bila perlu, kemarin kita putuskan dalam rapat pimpinan, kalau memang harus (panggil) Donald Trump, kita panggil Donald Trump," kata Junimart di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (8/9).

Meski demikian Junimart juga tak dapat menjelaskan lebih lanjut terkait waktu dan proses pemanggilan kepada Donald Trump untuk dimintai klarifikasi. Ia menyerahkan prosedur pemanggilan tersebut kepada Sekretariat Jenderal DPR jika nantinya terlaksana.

Junimart mengatakan saat ini MKD telah menerima laporan pengaduan perkara pelanggaran etika yang diduga dilakukan Ketua DPR Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Namun ia menegaskan MKD akan tetap memproses perkara ini meski tanpa aduan sekalipun.

"Kemarin kita sudah plenokan bahwa perkara ini tanpa aduan. Karena ini sudah menyangkut kepentingan publik dan sudah kemana-mana," ujar Junimart.

Berdasarkan Peraturan DPR RI No 2 Tahun 2015 tentang Tata Cara MKD, disebutkan dalam Pasal ayat 1 poin b, bahwa yang termasuk kategori pelanggaran tanpa pengaduan adalah anggota yang melanggar Udang-undang MD3 dan pelanggaran terhadap Peraturan DPR tentang tata tertib dan kode etik yang menjadi perhatian publik.

Sementara, Mahkamah Kehormatan berwenang menindaklanjuti perkara tanpa pengaduan setelah menilai pelanggaran etika yang dimaksud setelah dibahas dan diputuskan dalam rapat pimpinan untuk menjadi materi perkara.

Kemarin, MKD telah melakukan rapat pimpinan terkait dugaan pelanggaran etika yang dilakukan Ketua DPR Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Ketua MKD Surahman Hidayat memberikan target, perkara ini akan diselesaikan dalam kurun dua pekan. 

"Biasanya kasus seperti ini akan selesai dalam satu atau dua minggu, tapi kami akan berusaha menyelesaikan ini secepatnya," ujar Surahman di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/9).

R24/cnnindonesia/noe 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Agung
Jumat, 15 Desember 2017 11:20 wib
Bonus PROMO Natal 2017 Dan Tahun Baru 2018 ,freebet untuk member setia kami :) Deposit 100 ribu dapat 50 ribu hanya ada di POKERVITA.COM dan bisa di klaim setiap harinya sebanyak 1 kali deposit promo ini berlaku mulai tanggal 1 Desember 2017 - 1 Januari 2017 tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami :) Contact kami: LIVECHAT P`0`K`E`R`V`1`T`A .com BBM : D88B0154
Nelivera
Rabu, 12 Juli 2017 01:52 wib
Menjadi pemenang Bersama Bolavita D8C363CA (NEW) http://i.imgur.com/A5oZI6Q.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru