Rabu, 23 April 2014
Penjelasan Antam Mengenai Harga Emas Yang Terus Anjlok
0
foto R24.com
Penjelasan Antam Mengenai Harga Emas Yang Terus Anjlok
JAKARTA--Pada periode Januari-April 2013, harga emas batangan Antam yang dijual oleh Logam Mulia turun Rp 37 ribu/gram. Apa penjelasan Antam soal penurunan ini?

Kepala Unit Bisnis Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk (Antam) Tri Hartono mengatakan, hari ini harga emas dunia turun 6% dibanding hari yang sama tahun lalu atau dalam setahun. Saat ini harga emas dunia US$ 1.560/ounce, turun dari periode yang sama tahun lalu US$ 1.660/ounce.

"Di lain pihak, kurs rupiah juga melemah terhadap dolar AS dari sekitar Rp 9.200/US$ setahun yang lalu, menjadi sekitar Rp 9.700/US$ saat ini, atau melemah 5,4%. Jadi laju penurunan harga emas di Indonesia masih tertahan pelemahan rupiah terhadap dolar AS," ujar Tri, Kamis (11/4).

Saat ini investor mengasumsikan perekonomian AS mulai membaik yang ditunjukkan oleh angka-angka pertumbuhan industri dan permintaan barang produksi AS yang meningkat, sehingga para investor kembali menanamkan modalnya di pasar saham AS, melepas sebagian cadangan emas, yang tentunya berdampak negatif terhadap harga emas.

Namun demikian, banyak analis berpendapat sebenarnya fundamental AS masih rapuh, karena masalah mendasar yang menghantui ekonomi AS yaitu utang pemerintah masih belum tertuntaskan, sehingga penguatan pasar saham diprediksi hanya akan berlangsung sementara.

"Harga emas dunia sendiri diprediksi akan terus berfluktuasi setiap kali adanya pengumuman-pengumuman baru dari pemerintah AS dan Gubernur Federal Reserves (bank sentral AS) terkait kebijakan-kebijakan ekonomi yang akan mereka ambil," ungkap Tri.

Selain itu, berita seputar krisis utang di Eropa juga sedikit banyak akan berpengaruh terhadap harga emas dunia. Contoh terakhir adalah krisis di perbankan Siprus yang gagal bayar kepada nasabah mengakibatkan pemerintah Siprus harus menjual cadangan emasnya sekitar 10 ton.

Apabila melihat kondisi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di dalam negeri,maka ke depan ekonomi akan menghadapi ujian yang lebih berat, mengingat tahun 2014 adalah tahun politik di Indonesia, dan perkiraan defisit anggaran yang makin besar seiring kenaikan harga minyak mentah.

Sebelumnya, investor keuangan dan salah satu orang terkaya di dunia yaitu George Soros menyatakan emas tak lagi menjadi alat investasi aman (safe haven), karena harganya yang terus runtuh.

"Emas tidak lagi menjadi investasi aman (safe haven), terbukti dia tidak aman lagi. Ini karena kekecewaan banyak orang yang memegang emas. Namun saat ini banyak bank-bank sentral yang terus membeli emas, jadi saya berharap harga emas tidak terus jatuh. Emas saat ini sangat volatile hari ke hari, tidak lagi investasi jangka panjang," tutur Soros.

(R24/Ar)

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
riau24_zfkpd_648.jpg
Pajak adalah pungutan paksa yang dilakukan oleh satu pihak, yang merusak transaksi muamalat, dan menambah harga yang tidak ada imbal-baliknya. Pajak adalah riba yang diharamkan dalam Islam.
riau24_j2mgg_640.jpg
Bangunan kos-kosan 70 Pintu yang terletak di Jalan Puyuh Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi, dianggap tidak menaati aturan.
riau24_ptdmv_657.jpg
Tak seperti vagina, anus atau dubur memang tidak dipersiapkan untuk berhubungan seksual. Akibatnya, kebiasaan melakukan seks anal bisa menimbulkan bahaya kesehatan, mulai dari infeksi hingga kanker anus.
riau24_hgbwe_644.jpg
Saat ini ditengah hiruk pikuk pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia, penulis mencoba mengamati secara sederhana beragam metode kampanye yang dilakukan dan dapat dilakukan oleh para kontestan pemilu yang akan bertarung memperebutkan hati rakyat
riau24_6eylt_659.jpg
Tepat di hari Senin, tanggal 21 April 2014, bertepatan dengan peringatan hari Bumi, hotel-hotel yang tergabung dalam grup Accor International serentak menghelat kegiatan peduli lingkungan dengan penanaman pohon.
riau24_9hrue_658.jpg
Meski cenderung berkembang lebih lambat dibanding jenis kanker yang lainnya, bukan berarti tidak ada gejala-gejala yang ditunjukkan ketika seseorang mengidap kanker tiroid.
riau24_jlzvy_641.jpg
Entah seperti apa penanganan kabut asap di Riau ini. Setelah sempat menghilang beberapa minggu, kini mulai udara mulai dipenuhi asap, meski masih dengan intensitas rendah.
riau24_q2bc6_642.jpg
Sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar kata Angkringan. Tempat nongkrong yang menyediakan makanan dan minuman dikala malam hari ini, menjadi ikon bagi Daerah di Pulau Jawa.
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com