riau24 Rapat Paripurna Dengar Jawaban Panitia Perda Terlaksana | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Kehadiran Anggota Dewan 31 Orang,

Rapat Paripurna Dengar Jawaban Panitia Perda Terlaksana

0
Suasana Rapat Paripurna DPRD Riau
Berita Riau -  Rapat Paripurna Dengar Jawaban Panitia Perda Terlaksana

Pekanbaru-Riau24.com-Kendati tidak memenuhi kuota forum (kuorum) Rapat Paripurna Mendengarkan Jawaban Badan Pembentukan Perda DPRD Riau akhirnya tetap dilaksanakan oleh wakil rakyat Riau.

Dari 59 orang anggota dewan yang menduduki kursi DPRD Provinsi Riau saat ini hanya 31 orang yang menghadiri paripurna tersebut, padahal syarat kuorum paripurna adalah 2/3 dari jumlah anggota dewan. Dalam hal ini kuorum riau harus 40 orang anggota dewan yang hadir.

Pimpinan rapat paripurna, Sunaryo, berdalih sesuai yang ditetapkan Kemendagri sebanyak 30 dari jumlah 59 orang anggota DPRD Riau, pasca tercatat enam orang maju di Pilkada.

Hal ini cukup menarik jika dipandang dari jumlah anggota dewan yang hadir jika dibandingkan dengan jumlah anggota dewan yang duduk di DPRD Riau. DPRD Riau terkesan memaksakan kehendak untuk menyelesaikan paripurna tersebut.

Pantauan Riau24 rapat paripurna ini dimulai, tepat pukul 11.21 Wib, setelah kuorum kehadiran anggota DPRD Riau ini sebanyak 31 orang, sebelumnya hanya hadir 28 orang dan setelah dilakukan skors selama 15 menit.

"Saat ini sudah kuorum. Makanya rapat bisa dimulai. Skors ini kami cabut," ujar Sunaryo. Pernyataan ini diungkapkan oleh Pimpinan Rapat Paripurna DPRD Riau Sunaryo didampingi sejawat Manahara dan Noviwaldy Jusman serta Sekdaprov Zaini Ismail.

Lalu di kesempatan itu, anggota DPRD Riau Septina Primawaty, membacakan Jawaban Pandang Umum Fraksi atas Draft Raperda ini. Diketahui, Kamis (10/9) ini dihelat Rapat Paripurna Jawaban Badan Pembentukanya Perda DPRD Riau Pandangan Umum Fraksi terhadap Draft Raperda tentang Pelestarian Pengembangan Budaya Melayu dan Kearifan Lokal untuk Disetujui Usulan Prakarsa Menjadi Raperda Prakarsa DPRD Riau Penyerahan Raperda Dimaksud Kepada Kepala Daerah Provinsi Riau sekaligus Pembentukan Pansus Rapat Paripurna ini sempat molor dengan minimnya kehadiran dari anggota DPRD Riau serta diskors selama 15 menit.

"Karena seperti diketahui, anggota DPRD Riau ini yang hadir sebanyak 28 orang. Ini sesuai ketentuan berlaku itu tidak kuorum. Dan dari ijin Kemendagri karena jumlah anggota DPRD kini hanya 59 orang, maka harus 30 orang," katanya. R24/dai

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru