riau24 140 Penumpang Kapal Tenggelam di Surabaya Dievakuasi | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

140 Penumpang Kapal Tenggelam di Surabaya Dievakuasi

1
Kapal tenggelam di Dermaga Teluk Lamong, Surabaya. (Detikcom/Imam Wahyudiyanta)
Berita Riau -  140 Penumpang Kapal Tenggelam di Surabaya Dievakuasi
Jakarta, Riau24.com - Sudah 140 korban peristiwa tenggelamnya Kapal Motor (KM) Wihan Sejahtera dievakuasi dari Pelabuhan Internasional Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur dalam keadaan selamat.

Kepala Humas Pelabuhan Teluk Lamong Reka Yusmara Mardiputra mengatakan, seluruh korban tersebut langsung dilarikan ke Rumah Sakit Pelabuhan dan Gapura Surya Nusantara (GSN) untuk mendapatkan penanganan dan perawatan.

"Total manifest atau jumlah keseluruhan penumpang saya kurang paham, namun evakuasi yang dilakukan berhasil menyelamatkan 140 korban dari kapal tenggelam," kata Reka di Teluk Lamong.

Sementara kondisi kapal menurut Reka saat ini telah tenggelam ke dasar. Meski sudah tenggelam, evakuasi terhadap kapal belum bisa dilakukan sebelum mesin kapal benar-benar mati.

"Bila tidak dimatikan nanti mesin kipas kapal menyala terus dan itu bahaya," kata Reka.

Rencananya, tim penyelamat akan menunggu hingga malam nanti agar kapal benar-benar tenggelam di dasar laut dan mesin dalam kondisi mati.

Kapal diperkirakan tenggelam di dasar laut di kedalaman 16 meter. Jarak lokasi tenggelamnya kapal dari pelabuhan antara 150 hingga 200 meter.

Kepala Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP), Wismantono menaksir jumlah penumpang di kapal itu mencapai sekitar 153 orang. Kemungkinan jumlah itu masih lebih karena kapasitas kapal mencapai 600 orang.

Sebelumnya, KM Wihan Sejahtera dilaporkan tenggelam di depan Dermaga Teluk Lamong, Surabaya pada Senin sekitar pukul 09.30 WIB.

KM Wihan Sejahtera mempunyai tujuan Surabaya-Ende dan berakhir di Pelabuhan Maumere serta membawa sekitar 153 penumpang.

Sementara itu untuk membantu evakuasi, Badan SAR Nasional mengirim satu kapal. 

Deputi Bidang Operasi Basarnas Heronimus Guru mengatakan, kapal yang diberangkatkan Basarnas adalah KN 225. "Kapal diberangkatkan untuk melaksanakan evakuasi," kata kepada CNN Indonesia.

R24/rno/cnn 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Sabtu, 28 Oktober 2017 09:39 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/e82iK8s.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru