riau24 Serangan di Paris Diatur Lewat PS4? | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Serangan di Paris Diatur Lewat PS4?

0
Pemerintah Belgia meyakini bahwa anggota teroris yang menyerang Paris sering berkomunikasi melalui konsol game PS4. (Viktor Hanacek)
Berita Riau -  Serangan di Paris Diatur Lewat PS4?
Brussel, Riau24.com - Beberapa hari pasca serangan teroris di Paris, berbagai pihak melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus ini. Belakangan, diduga bahwa para pelaku berkomunikasi melalui jaringan PlayStation 4 (PS4).

Hal ini diungkapkan oleh Jan Jambon, Menteri Keamanan dan Dalam Negeri Belgia yang ditulis pada Quartz. Jambon menduga bahwa pelaku yang telah merenggut nyawa ratusan korban jiwa telah memanfaatkan jaringan game online.


“Hal yang membuat saya tidak bisa tidur di malam hari adalah memikirkan dan membayangkan para okmun teroris duduk di belakang komputernya, menunggu pesan dari IS dan pihak-pihak lainnya.”

Jambon percaya bahwa jaringan game online di PS4 sangat memungkinkan dipakai teroris untuk berkomunikasi. Sebab konsol ini memiliki sistem yang aman, jauh dari pantauan pemerintah.


“PlayStation4 lebih sulit dilacak daripada Whatsapp,” jelas Jambon.

Jaringan di PS4 juga memungkinkan para oknum teroris berkomunikasi tidak hanya dalam teks, tapi suara dan video yang disiarkan secara langsung.

Meskipun belum ada bukti kuat terkait penggunaan PS4 sebagai media komunikasi teroris di Paris, namun penyelidikan lebih lanjut masih terus dilakukan.

Dugaan ini sebenarnya diperkuat dengan kasus serupa pada Juni 20115. Pada saat itu remaja asal Australia ditangkap karena terbukti mengunggah rencannya pengemboman dari ISIL di jaringan PS4.

Selain itu dokument yang dibocorkkan oleh Edward Snowden pada 2013 juga menyebutkan bahwa NSA dan CIA berusaha melacak oknum terorisme secara virtual melalui game online seperti World of Warcraft. 

R24/rno/cnn
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru