riau24 Wirausaha Jahit Menjahit Sangat Perlu Dikembangkan | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Wirausaha Jahit Menjahit Sangat Perlu Dikembangkan

0
Kadis Naker Kuansing, H. Muharlius, SE, MM
Berita Riau -  Wirausaha Jahit Menjahit Sangat Perlu Dikembangkan

Kuansing, Riau24.com - Banyaknya angka pencari kerja dan angkatan  kerja, yang tidak seimbang dengan jumlah lapangan kerja, menyebabkan para pencari kerja kesulitan mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Kuantan Singingi melakukan pengembangan wirausaha tenaga kerja mandiri.

Salah satu upaya yang diberikan berupa pelatihan jahit menjahit bagi angkatan muda di Kabupaten Kuantan Singingi, dengan memperoleh bantuan Anggaran Pendaptan Belanja Negara (APBN) 2015, melalui Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) Republik Indonesia. Kegiatan dari Kemennakertrans RI tersebut, merupakan kegiatan yang telah di tunjuk langsung dengan daerah yang juga ditentukan.

" Sementara lokasinya untuk Kabupaten Kuantan Singingi berada di dua lokasi, yakni Kecamatan Hulu Kuantan dan Kecamatan Kuantan Tengah di Desa Koto Kari, " Ungkap Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Kuantan Singingi, H. Muharlius, SE, MM melalui kepala Bidang Ketenagakerjaan Erdialis, SE ketika dihubungi, Rabu (18/11).

Menurutnya, untuk Kecamatan Kuantan Tengah berlangsung di Desa Koto Kari diikuti sebanyak 20 orang peserta (pelaksanaan telah dilakukan beberapa waktu lalu), dan untuk Kecamatan Hulu Kuantan berlangsung dari tanggal 17 s/d 22 November diikuti sebanyak 20 orang peserta.

Khusus untuk Kecamatan Hulu Kuantan yang sedang berlangsung hari ini, diikuti sebanyak 20 peserta, dengan Instruktur berasal dari Ijon Taylor Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar. Untuk pola pelatihan jahit menjahit ini, para peserta di bagi pada empat kelompok  yang diberikan mesin jahit setiap peserta, sedangkan untuk kelompok juga diberikan mesin jahit pinggir (obras) dan juga diberikan bahan kain atau kelengkapan jahit menjahit selama pelatihan, Ujarnya.

" Pola pelatihan jahit menjahit ini, para peserta di bagi pada empat kelompok yang diberikan mesin jahit setiap peserta, sedangkan untuk kelompok juga diberikan mesin jahit pinggir (obras) dan juga diberikan bahan kain atau kelengkapan jahit menjahit selama pelatihan," Paparnya.

Menurutnya, Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada tenaga kerja muda, agar mampu berwira usaha. Oleh karena itu, manfaatkanlah dan kembangkan usaha jahit menjahit ini dengan sebaik-baiknya, dan jangan dibiarkan setelah pelatihan ini selesai nantinya.

" Kami minta dan tekankan kepada para peserta pelatihan, agar dapat memanfaatkan dan mengembangkan usaha jahit menjahit ini dengan sebaik-baiknya, dan jangan dibiarkan setelah pelatihan ini selesai nantinya," sebutnya.

Diharapkan pada masa akan datang akan tumbuh dan berkembang para penjahit muda Kuansing, dalam pengembangkan wira usaha muda karena peluang masih terbuka lebar, " tukasnya.

R24/awa/zar 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru