riau24 Debat Paslon Bupati dan Wakil Bupati Berlangsung Aman dan Lancar | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Debat Paslon Bupati dan Wakil Bupati Berlangsung Aman dan Lancar

0
Acara debat Pasangan Calon (Paslon) Bupati / Wakil Bupati Inhu yang dilaksanakan di gedung Sejuta Sungkai Kamis (19/11/2015)
Berita Riau -  Debat Paslon Bupati dan Wakil Bupati Berlangsung Aman dan Lancar

Inhu, Riau24.com - Acara debat Pasangan Calon (Paslon) Bupati / Wakil Bupati Inhu yang dilaksanakan di gedung Sejuta Sungkai Kamis (19/11/2015) berlangsung dengan aman dan lancar. Kedua peserta debat pasangan nomor urut 1 H. Tengku Mukhtaruddin-Hj Aminah dan pasangan nomor urut 2 H. Yopi Arianto-Khairizal terlihat mengeluarkan seluruh kemampuannya dalam dalam menanggapi dan menjawab pertanyaan.

Jalannya debat kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati ini sendiri, dipandu oleh Dr. Mexasai Indra, SH, MH yang merupakan Dosen Magister Hukum Universitas Riau yang bertindak selaku moderator. Selain menyaksikan langsung dari dalam gedung Dang Purnama, debat kandidat ini juga disaksikan masyarakat Inhu diluar gedung tepatnya dihalaman depan Plaza Rengat menggunakan layar televisi yang telah disediakan oleh pihak panitia.

Sebelum debat kandidat dimulai, dalam kesempatan itu, anggota KPU selaku Divisi Hukum, Pengawasan dan Teknis Penyelenggaraan Ir. Hendri Saleh, MA menjelaskan bahwa pelaksanaan debat kandidat ini terbagi menjadi lima tahapan. Untuk sesi pertama kedua pasangan calon diberi kesempatan untuk menyampaikan visi misinya terkait dengan program dan kegiatan dengan durasi waktu selama empat menit, kemudian dilanjutkan dengan penajaman visi dan misi, dimana kedua kandidat (calon bupati) diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan dan tanggapan dengan durasi waktu selama tiga menit.

Sedangkan pada sesi kedua, masing-masing pasangan Calon Wakil Bupati, diwajibkan untuk menyampaikan gagasan dari sejumlah pertanyaan KPU terkait bidang pendidikan budaya agama dan pariwisata.

Tidak jauh beda, pada sesi ketiga, kedua pasangan calon juga diberikan kesempatan untuk menanggapi pertanyaan dari KPU sesuai dengan tema terkait dengan pembangunan dan kesejahteraan sosial, sedangkan pada sesi keempat tema yang diangkat oleh KPU terkait dengan penegakan hukum dan pemerintahan.

Sementara pada sesi terakhir, kedua pasangan calon diberi kesempatan untuk menyampaikan pernyataan penutup sebagai akhir dari pelaksanaan debat kandidat tersebut dengan dilanjutkan penyerahan cindera mata dari pihak KPU oleh Ketua KPU Riau Nur Hamin kepada kedua pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Inhu.

Usai pelaksanaan debat Calon Bupati nomor urut 1 H. T. Mukhtaruddin mengatakan bahwa pelaksanaan debat terlihat hidup dengan adanya adu program. Sebab kita harus mempertahankan komitmen sebagai Calon Bupati sesuai dengan visi dan misi yang sudah disosialisasikan kepada seluruh masyarakat Inhu.

"Secara umum pelaksanaan debat yang dilaksanakan oleh KPU Inhu berjalan dengan bagus. Yang penting kita mendebat dan menyindir orang dengan cara santun sebagaimana yang dilihat diatas panggung," ungkap T. Mukhtaruddin.

Calon Bupati nomor urut 2 H. Yopi Arianto dalam menyikapi pelaksanaan debat Paslon ini mengatakan biasa-biasa saja, yang penting semuanya berjalan dengan baik, aman. Dengan debat ini terjalin silaturahmi dengan pak Tengku, serta mengingatkan kekurangan dan kelebihan.

"Tadi saya tidak grogi biasa saja, tadi saja joget-joget," jelas Yopi kepada wartawan.

Tokoh masyarakat Inhu yang juga mantan Plt Gubernur Riau H. R. Mambang Mit yang ikut hadir dalam pelaksanaan debat paslon Bupati / Wakil Bupati Inhu berharap agar siapa pun yang terpilih jangan lupa dengan janji-janjinya. Terutama sekali dalam mensejahterakan masyarakat Inhu, serta juga peningkatan kesehatan masyarakat.

R24/awa/ton

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru