riau24 Dana Jalur Kalojengking Terkumpul Rp. 65 Juta | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Dana Jalur Kalojengking Terkumpul Rp. 65 Juta

0
Bupati Kuansing H. Sukarmis saat menyulut api saat pelayuran jalur di Kuansing
Berita Riau -  Dana Jalur Kalojengking Terkumpul Rp. 65 Juta

Kuansing, Riau24.com - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi H. Sukarmis menilai, melalui jalur dapat terjalin hubungan silaturahmi ditengah tengah masyarakat, baik antara pemerintah dengan masyarakat maupun sebaliknya. Dikatakannya, jalur memang tradisi masyarakat kuansing dan telah jadi event nasional, makanya harus tetap dipertahankan dan dijaga kelestariannya, begitu juga soal prestasi harus ditingkatkan dan jangan sampai menurun.

Pada acara pelayuran jalur Kalojengking Tigo Jumbalang tersebut, Bupati Kuansing H. Sukarmis yang langsung memimpin penggalangan dana dan terkumpul sebesar Rp. 65 juta lebih, yang berasal dari sumbangan Bupati H. Sukarmis dan pribadi, Sekda Muharman dan istri, Pejabat Kuantan Mudik lama (Kuantan Mudik, Gunung Toar, Hulu Kuantan dan Pucuk Rantau), Dinas dan Badan, Andi Cahyadi ((Anggota DPRD Kuansing), UPTD. Kepsek KM dan donatur lainnya.

" Kalau selama ini masih dirasakan kurang mari tingkatkan untuk masa datang, begitu juga soal kekurangan dana pembuatan jalur yang menghabiskan dana sekitar Rp. 61. 500.000, dan dari hasil pengumpulan dana pelayuran jalur KaloJengking Tigo Jumbalang Desa Sungai Manau Kecamatan Kuantan Mudik, yang diselenggarakan pada kamis (20/11/2015) malam maka terkumpul dana sebesar Rp. 65 juta.

Selain Bupati juga hadir Sekdakab Kuansing Drs. H. Muharman, M. Pd bersama Istri Hj. Eri Muharman, Ketua DPRD diwakili Andi Cahyadi (Ketua Fraksi Partai Golkar), para Asisten, Setwan, Kepala Inspektorat, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Bagian, Kepala Bidang, Camat se kuansing, Upika, UPTD, Kepala sekolah, Kepala Desa, BPD serta ratusan masyarakat.

Menurut Bupati, Jalur andalan Desa Sungai Manau yang sedang dilayur ini merupakan generasi ketiga, karena jalur lama sejak lima tahun belakangan ini tidak lagi meraih prestasi, padahal dulu jalur Kalojengking Tigo Jumbalang pernah menjuarai empat rayon yakni Rayon Hulu Kuantan Tepian Sungai Pinang, Rayon Kuantan Mudik Tepian H. Saidina Ali, Rayon Gunung Toar Tepian Pantai Lubuk Terentang, dan Rayon Kuantan Tengah di Pulau Godang Kenegerian Kari.

Sementara tahun lalu (2015) kalojengking juga pernah membuat jalur baru, akan tetapi karena dinilai kecil dan tidak layak, amka di jual ke daerah Rengat Inhu, akhirnya pada tahun 2015 ini kembali membuat jalur baru yang sedang dilayur malam ini.

" Diharapkan jalur baru Kalojengking Tigo Jumbalang ini, mampu mengukir prestasi di ajang event rayon maupun event nasional, yang dulunya sangat disegani baik lawan maupun kawan. Akan tetapi masyarakat jangan kembali melakukan penjualan jalur jika memang tidak memiliki prestasi, akan tetapi biarkan habis dan tetap ada di daerah kita," Demikian diungkapkan Bupati Kuansing H. Sukarmis saat melakukan pelayuran jalur Kalojengking Tigo Jumbalang desa Sungai Manau Kuantan Mudik.

R24/awa/zar

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru