riau24 Limbah Sawit Berpotensi Mengalirkan Listrik Ke Desa | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Limbah Sawit Berpotensi Mengalirkan Listrik Ke Desa

0
Kepala Dinas ESDM Riau Syahrial Abdi
Berita Riau -  Limbah Sawit Berpotensi Mengalirkan Listrik Ke Desa
Pekanbaru, Riau24.com - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau fokus mengembangkan Energi Baru Terbarukan (EBT) menggunakan limbah sawit di Riau. Sebanyak 30 ton limbah sawit menghasilkan energi listrik satu megawat. Sehingga, desa terisolir bisa terkoneksi energi listrik.

" Kita punya 227 Pabrik Kelapa sawit (PKS) di Riau. Limbahnya dapat kita kembangkan untuk energi listrik. Dari 227 PKS, bisa menghasilkan energi listrik 227 megawat, " kata Kepala Dinas ESDM Riau Syahrial Abdi, kepada Riau24.com di Kantornya, Jumat (20/11/2015).

Syahrial mengatakan, keuntungan energi tersebut bisa menyalurkan energi listrik ke desa terisolir yang tidak terkoneksi energi listrik. " Sesuai undang-undang (UU) energi terbarukan di kelola oleh desa," jelas Syahrial.

Energi baru terbarukan, kata Syarial, dikembangkan menggunakan limbah padat (Cangkang), serah buah dan limbah cair kelapa sawit. " Limbah sawit sangat berpotensi mengembangkan energi listrik, " terang Syahrial.

Syahrial menyebutkan, PKS sudah ada mengembangkan energi listtrik dari limbah kelapa sawit di  Desa  Rantau Sakti Kecamatan Tambusai Rokan Hulu (Rohul). " Sekarang di kelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

R24/har
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru