riau24 Sundari Berlian Kagum Konsep Bupati Kampar Tentang RTMPE | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Program RTMPE Dilirik PT RAPP

Sundari Berlian Kagum Konsep Bupati Kampar Tentang RTMPE

0
Bupati Kampar H. Jefry Noer saat menerima kunjungan CSR PT RAPP Jumat (20/11/2015)
Berita Riau -  Sundari Berlian Kagum Konsep Bupati Kampar Tentang RTMPE

Kampar, Riau24.com - Sundari Berlian menyampaikan bahwa program rumah tangga mandiri pangan dan energi (RTMPE) ini merupakan konsep yang bagus dalam peningkatan ekonomi masyarakat, karena memadukan beberapa unsur dibidang pertanian, peternakan, perikanan dan di bentuk dalam satu kemasan.

"Sehingga nantinya diharapkan dapat diaplikasikan di masing - masing area CSR yang ada di 5 kabupaten binaan perusahaan karena merupakan program terpadu," ujarnya saat mengunjungi lokasi Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Karya Nyata, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar pada hari Jum'at (20/11/2015) kemarin.

Ditambahkan Sundari, Team yang datang berkunjung sangat mengapresiasi program yang dilakukan oleh Bupati Kampar karena dinilai program yang terpadu dan memanfaatkan seluruh aspek yang berada disekitar kita.

Kata Sudari, kami selaku pelaksana program CSR masih terus belajar, walaupun sudah 15 tahun berkecimpung di masyarakat dalam memberikan program pembinaan bagi masyarakat.

"Program RTMPE ini merupakan sebuah perencanaan yang terpadu karena semua aspek yang dikelola oleh masyarakat dapat menjadi sangat bermanfaat," sebutnya.

Bahkan saat mengunjungi lokasi pengelolaan urine sapi di lokasi RTMPE, pihaknya mengaku takjub karena justru melihat langsung pemanfaatan limbah kotoran sapi yang biasanya terbuang ternyata dapat dikelola menjadi pupuk urine sapi dan pupuk kandang padat serta cair, bahkan dimanfaatkan menjadi bio gas yang dapat digunakan untuk memasak dan penerangan.

Sementara itu, kepada para peserta pelatihan, Bupati Kampar mengharapkan ketika selesai pelatihan dapat melakukan apapun yang dapat dilakukan, terlebih ada juga peserta pelatihan yang berasal dari Kabupaten tetangga yaitu Meranti.

Jefry mengharapkan, apapun yang dapat dimulai untuk dilakukan maka segera laksanakan di lahan yang ada, bisa menanam cabe, bawang, memelihara ikan maupun ayam petelur.

"Mulai lakukan hal terkecil apapun yang dapat bapak - bapak lakukan, tanam cabe, bawang, pelihara ikan atau ayam petelur yang penting segera bangun desa," kata Bupati.

R24/awa/rif 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru