riau24 KTP Manual Tak Berlaku, Habis 31 Desember 2015 | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

KTP Manual Tak Berlaku, Habis 31 Desember 2015

2
Ilustrasi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (eKTP). Dok. TEMPO/Suryo Wibowo
Berita Riau -  KTP Manual Tak Berlaku, Habis 31 Desember 2015

Jakarta, Riau24.com - Direktur Jenderal Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakhrullah menegaskan Kartu Tanda Penduduk yang berlaku adalah KTP Elektronik. KTP biasa, kata dia berakhir masa berlakunya sejak 31 Desember 2014.

Menurut Zudan, sejumlah pusat pelayanan publik sudah tidak melayani penggunaan KTP manual, misalnya Kantor Imigrasi untuk membuat paspor, Samsat untuk membuat Surat Izin Mengemudi, dan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan.

"Ke depannya kami minta agar semua institusi menolak KTP biasa," ujar Zudan di Hotel Neo, Sentul, Bogor, Sabtu, 21 November 2015.

Adapun aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2013 tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2009 tentang Penerapan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional.

Ia mengimbau masyarakat yang belum memiliki KTP-el segera melakukan perekaman data di kecamatan masing-masing. "Kami sudah mendorong agar pencetakannya dipercepat," kata Zudan.

Meskipun tahun 2015 hampir usai, masih ada masyarakat yang belum menggunakan KTP-el. Hal ini disebabkan masih ada masyarakat yang tak mengetahui aturan tersebut dan petugas dinas kependudukan dan catatan sipil yang tak paham. "Sosialisasi kami lakukan terus menerus," ujar dia.

R24/rno/tem 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Sabtu, 28 Oktober 2017 09:48 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/e82iK8s.jpg
Yanis
Minggu, 22 November 2015 11:52 wib
Bkn msyarakat yg tdak tau aturan. Tp malah sistem pembuatannya yg mash eroro. Nyatanya sebagian msyaratakt udh photo e-ktp satu tahun belkang sd skrg blm jg diterima hasilnya. Ne salahkan sapa.? Jgn slhkan msyarakat. Jika gk da penyluhan dan knerja dinas yg baik.terima kasih.
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru