riau24 Proteksi Kebakaran Hutan Kapolres Minta Bangun Kanal Blocking | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Proteksi Kebakaran Hutan Kapolres Minta Bangun Kanal Blocking

0
Berita Riau -  Proteksi Kebakaran Hutan Kapolres Minta Bangun Kanal Blocking

Inhu, Riau24.com - Guna mengantisipasi terjadi kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) dalam wilayah Inhu akan dilaksanakan pembuatan kanal bloking. Terutama sekali pada areal perkebunan yang memiliki lahan gambut yang sewaktu-waktu bisa terbakar, apalagi di musim kemarau.

Untuk itu Kapolres Inhu AKBP Ari Wibowo S.I.K telah memerintahkan agar para kapolsek yang bertugas dijajaran Polres Inhu untuk bekerjasama dengan pihak perusahaan dan pemilik lahan yang ada di wilayah polseknya. Serta juga melibatkan unsur upika yang ada di wilayahnya untuk melakukan pembuatan kanal blocking. 

Tujuan dibuatnya kanal blocking ini adalah sebagai sarana penyimpan air dan pengaturan air ditiap-tiap lokasi yang rawan dan sering terjadinya Karlahut. Nantinya Kanal blocking tersebut pada saat dimusim kemarau dan kesulitan air dapat juga digunakan oleh masyarakat sebagai sumber air yang bersih.

"Sedangkan pada saat musim penghujan seperti sekarang ini air dapat disimpan dengan cara menutup pintu saluran air sehingga debit air tetap terjaga. Secara khusus pembuatan kanal blocking ini adalah guna menjaga lahan perkebunan atau lahan gambut untuk selalu basah sepanjang tahunnya sehingga tidak mudah terbakar,"ungkap Kapolres Inhu melalui PAUR Humas Polres Inhu Iptu Yarmen Djambak, Sabtu (21/11/2015).

Diungkapkannya pembuatan kanal blocking ini karena di kabupaten Inhu masih banyak lahan dan hutan gambut yang kedalaman gambutnya mencapai lebih dari 5 meter. Sehingga setiap tahunnya sangat rentan terjadinya kebakaran lahan dan hutan, seperti ditahun ini hampir setiap hari terjadi karlahut di sebagaian besar kecamatan di wilayah kabupaten Inhu.

"walaupun personil Polri dan gabungan instansi lain sudah sampai dilokasi kebakaran lahan hutan dengan peralatan yang lengkap akan tetapi tidak dapat berbuat apa apa karena tidak tersedianya air," jelasnya.

R24/awa/ton

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru