riau24 Dana Operasional Sekolah Terkendala di Pelalawan | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Dana BOS Pelalawan Belum Dikucurkan Pemprov,

Dana Operasional Sekolah Terkendala di Pelalawan

2
Pelajar di Pelalawan
Berita Riau -  Dana Operasional Sekolah Terkendala di Pelalawan

Pelalawan, Riau24.com - Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk triwulan IV untuk dana operasional sekolah yang ada di Kabupaten Pelalawan hingga kini belum dibayarkan Pemprov Riau. Padahal dana Bos Pelalawan itu sudah harus dibayarkan dan dikucurkan pada awal bulan Oktober kemarin oleh Pemprov Riau. Alkibatnya, dana operasional seluruh sekolah di Kabupaten Pelalawan menjadi terkendala untuk melaksanakan aktivitas belejar mengajar disetiap sekolah di Pelalawan.

Informasi itu diungkapkan Manager BOS Pelalawan, Mahnizar S.Pd pada media pada Minggu (22/11/2015) di Pangkalan Kerinci. Menurut Mahnijar, dari informasi diterimanya kini semua dana BOS untuk semua sekolah di Pelalawan masih mengendap di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) diProvinsi Riau.” Sebagai dampaknya, semua sekolah di Pelalawan kesulitan dana operasional sekolah untuk menjalan semua aktivitas belajar mengajar disetiap sekolah di Pelalawan karena semua sekolah sangat mengandalkan kegiatan sekolahnya dari dana BOS tersebuit meskipun dana bos triwulan ke IV tahun ini.

Dengan masih tertahannya dana Bos Pelalawan membuat kami selaku pengelolanya menjadi bingung untuk mengatasi dana Bos sekolah di Pelalawan. Padahal pengucuran dana bos sekolah di Pelalawan pada tahun lalu lancar saja pencairannya tidak seperti tahun ini,” jelasnya.

Terkait kondisi itu, sebut Mahnijar, pihaknya sudah pernah menanyakannya berulangkali ke pihak BPKAD Pemprov Riau tersebut. Namun jawaban dari pihak BPKAD Riau bilang masih menyesuaikan dana. Tapi yang kita herankan penjelasan lebih lanjut dari pihak BPKAD Riau tampaknya tak ada sama sekali. Bahkan pihak Disdik Provinsi pun ikut heran dibuat pihak BPKAD Riau itu. Pasalnya, untuk pencairan dana Bos itu mereka bilang sudah di SK kan Plt Gubri. Jika sudah ada, maka kenapa dihambat lagi pencairan dana BOS triwulan IV pada Pelalawan," kesal Manager BOS Pelalawan.

Menurut Mahnizar, seharusnya pencairan dana BOS triwulan 4 sudah di cair Pemprov pada awal Oktober kemarin. Kalau sudah dicairkan, maka dana bos untuk triwulan IV bisa dipergunakan setiap sekolah di Pelalawan untuk biaya operasional sekolah pada kegiatan belajar mengajar dari bulan Oktober-Desember nantinya. Tapi kenyataanya, hingga pertengahan November ini, dana BOS triwulan ke IV tak juga dibayarkan Pemprov Riau pada Disdik Pelalawan. Dengan kejadian ini, kita mohon adanya perhatian serius dari Plt Gubri itu sendiri karena kalau diulur pembayaran dana BOS sekolah di Pelalawan maka akan berdampak terkendalanya dana operasional sekolah di Pelalawan jelang akhir tahun ini. Padahal untuk pencairan dana BOS triwulan ke IV ini sudah di SK kan Gubri, namun kenyataannya pihak BPKAD Riau tak juga membayarkannya pada Disdik Pelalawan," tegasnya.

Padahal sebut Mahnijar, pihak Disdik Pelalawan sendiri melalui pihak Disdik Provinsi Riau sudah melengkapi semua administrasi berkaitan dana BOS di Pelalawan. Tapi meski sudah dilengkapi, sampai kini dana BOS Pelalawan untuk triwulan IV masih ditahan pihak BPKAD Riau. Sekarang semua sekolah di Pelalawan sedang menunggu dana BOS dicairkan pihak Pemprov Riau itu.

”Sebenarnya yang kami prihatinkan itu semua sekolah yang ada di Pelalawan selaku penerima dana BOS yang kini sedang menunggunya untuk biaya operasional kegiatan aktivitas sekolah mereka masing-masing. Karena seluruh sekolah di Pelalawan pun terus tanyakan dana BOS sekolah mereka pada kami terkait penyebab dana BOS triwulan IV tak juga dicairkan pada mereka karena kejadian pencairan dana sudah di luar kebiasaan yang kami lalui sebelum ini. Sebelum ini, dengan Gubernur yang sama, tak ada terjadi terlambatnya pembayaran dana BOS tersebut," terangnya.

Senada itu juga diungkapkan Staf Pengelola dana BOS sekolah di Disdik Pelalawan Daulai kepada Riau24.com baru-baru ini mengatakan, sekarang pihaknya sedang menunggu pencairan dana BOS dari Pemprov Riau. ”Kami sedang menunggu pencairan dana BOS sekolah di Pelalawan dari Pemprov Riau karena masih tertahan di Pemprov Riau pencairannya. Padahal semua berkas dokumen untuk semua administrasi dana BOS sudah kami lengkapi dan tidak ada masalah lagi terkait administrasi dana BOS itu yang kami siapkan,” ujarnya.

R24/awa/shi

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Bambang lucky muharam
Jumat, 04 Desember 2015 07:57 wib
apakah dana BOS utk triwulan IV di kab.rokan hulu jg belum cair? karena banyak sekolah disana yg masih nunggak ke perusahaan saya.trm ksh!
Bambang lucky muharam
Jumat, 04 Desember 2015 07:53 wib
apakah dana BOS utk triwulan IV di kab.rokan hulu jg belum cair?
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru