riau24 Ilmuwan Bikin Lift Luar Angkasa dengan Material Berlian? | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Ilmuwan Bikin Lift Luar Angkasa dengan Material Berlian?

0
Ilustrasi (Foto: Futuretimeline)
Berita Riau -  Ilmuwan Bikin Lift Luar Angkasa dengan Material Berlian?

Harrisburg, Riau24.com - Astronot selama ini diterbangkan menuju luar angkasa atau stasiun luar angkasa (ISS) menggunakan roket dan pesawat luar angkasa. Untuk memangkas biaya agar lebih efisien, tampaknya ilmuwan mencari cara untuk dapat membawa manusia ke luar angkasa melalui lift khusus.

Dilansir Gizmodo, Minggu (22/11/2015), ilmuwan di Penn State University menjelaskan tentang 'diamond nanothreads', material kristal karbon yang diklaim sangat kuat. Materialdiamond (berlian) ini kabarnya dapat bertahan dalam lingkungan ekstrem di luar angkasa.

"Ini merupakan material paling keras yang diketahui manusia. Ini tentang material yang paling kuat," kata John Badding, Professor of Chemistry, Penn State University.

Ia mengatakan, atom karbon akan terhubung bersama, membentuk rantai tiga dimensi. Setiap atom karbon terhubung dengan empat atom karbon lainnya, membentuk yang dinamakan sebagai diamond nanothreads.

Material ini dikembangkan di laboratorium Penn State University, belum diketahui kapan material itu diterapkan untuk industri. Menurut ilmuwan, diamond nanothreads dapat mendukung untuk arsitektur nano, yang memungkinkan untuk digunakan sebagai bahan pembuatan lift luar angkasa.

Yang menjadi kekhawatiran ialah, saat material ini dibuat untuk menyokong tiang yang panjang, belum diketahui apakah material itu kuat atau justru rapuh. Meskipun demikian, ilmuwan percaya bahwa diamond nanothreads dapat dipakai untuk mendukung peralatan elektronik, termasuk teknologi masa depan seperti lift luar angkasa.

R24/rno/oke 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru