riau24 Soal Rekaman, PT Freeport Melanggar UU ITE | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Soal Rekaman, PT Freeport Melanggar UU ITE

1
Ilustrasi (Okezone)
Berita Riau -  Soal Rekaman, PT Freeport Melanggar UU ITE

Jakarta, Riau24.com - Petinggi PT Freeport Indonesia dinilai telah melakukan cara tak terpuji dengan melakukan penyadapan terhadap Ketua DPR Setya Novanto.

Menurut kuasa hukum Ketua DPR tersebut, Firman Wijaya, langkah yang diambil petinggi PT Freeport dinilai sebagai sebuah pelanggaran terhadap Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Firman menegaskan, merujuk pada UU ITE Pasal 31 Ayat 3, disebutkan bahwa penyadapan harus ada permintaan kepolisian, kejaksaan, dan atau institusi penegak hukum lainnya yang ditetapkan berdasarkan UU.

"Dalam UU ITE dikatakan, dilarang bagi mereka yang tidak memiliki wewenang untuk melakukan cara-cara iterception (penyadapan). Sehingga kemudian dijadikan alat bukti. Kecuali yang memiliki otoritas," tegas Firman di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (23/11/2015).

Firman berpesan kepada masyarakat, agar tidak menghujat Setya Novanto yang dituding ingin mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Jokowi-JK) terkait dengan perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia.

Pasalnya, saat ini pihaknya masih mempertanyakan sejumlah alat bukti yang saat ini ada di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), seperti transkip yang berbeda dengan rekaman aslinya.

"Jangan men-judgment terlebih dahulu sebelum proses. Jangan juga terjadi missleading, karena berbagai variasi, alat bukti yang cukup beragam, ini tentu pentingnya intensitas. Karena, itu harus diyakinkan," pungkasnya.

R24/rno/oke

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Sabtu, 28 Oktober 2017 09:44 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/e82iK8s.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru