riau24 Bupati Kampar Minta SKPD dan Camat Perhatikan Masyarakat | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Konsolidasi Percepatan Pelaksanaan Program RTMPE

Bupati Kampar Minta SKPD dan Camat Perhatikan Masyarakat

0
Bupati Kampar saat rapat evaluasi Senin (23/11/2015)
Berita Riau -  Bupati Kampar Minta SKPD dan Camat Perhatikan Masyarakat

Kampar, Riau24.com - Bupati Kampar selaku pimpinan rapat mengarahkan kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan Camat untuk memperhatikan masyarakat mulai dari desa, karena tidak akan ada Kecamatan tanpa adanya Desa. 

Demikian arahan H Jefry Noer saat memimpin rapat di Lantai III, Ruang Rapat, Kantor Bupati Kampar, Jalan Panglima Khotib, Bangkinang Kota pada hari Senin (23/11/2015) kemarin.

Adapun agenda hari itu adalah dalam rangka konsolidasi percepatan pelaksanaan program RTMPE di setiap desa dan peran sosial perusahaan yang ada di Kabupaten Kampar melalui CSR.

Dari kacamata Jefry, para Camat masih kurang menggali potensi daerah dan membina masyarakat Desa, dimana seharusnya seorang Camat sebagai pembina suatu wilayah harusnya mengembangkan wilayah atau daerah yang ada dibawah naungannya.

Mulai dari segi kesehatan yang dalam hal ini adalah puskesmas gratis yang telah di terapkan oleh pemerintah daerah dan di harapkan peran serta Kecamatan dalam melakukan control dilapangan.

"Selalu saya ingatkan Camat untuk tinggal di wilayahnya, Camat kalau tidak berkeliling di desa - desa maka tidak akan tahu dengan permasalahan yang ada, itulah alasanya agar dapat mengontrol masyarakatnya," tegasnya.

Untuk sektor pendidikan yang dalam hal ini adalah sekolah gratis dimana pemerintah juga telah menggratiskan sekolah – sekolah yang ada diseluruh wilayah Kabupaten Kampar, serta pelaksanaan perda dilapangan seperti Magrib Mengaji, ronda atau siskamling di setiap desa, pemasang portal guna keamanan desa, ekonomi masyarakat pedesaan di berbagai bidang terutama di bidang pertanian dengan pelaksanaan program terbarukan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Kampar melalui rumah tangga mandiri pangan dan energi (RTMPE). 

Selain meminta Camat untuk memperhatikan program pemerintah yang bersentuhan dengan masyarakat, Bupati Kampar juga meminta para Camat memperhatikan Desa melalui penegakan hukum dengan melakukan pembinaan serta pengawasan dengan melaksanakan peraturan daerah (Perda) yang telah ada. Banyak pelanggaran yang dilakukan di desa namun belum tersentuh oleh Kecamatan. 

"Turun kelapangan tinjau langsung kondisi yang ada di Desa, Camat harus tau kondisi real di lapangan di setiap desa yang ada diwilayah masing - masing," tegas Jefry.

Dalam kesempatan itu, Jefry juga menyoroti pendapatan asli daerah (PAD) yang berkurang akibat pemotongan anggaran yang dilakukan pemerintah pusat melalui dana bagi hasil (DBH) Migas yang ikut mempengaruhi pembangunan di daerah, khususnya wilayah Kampar yang ikut terkena imbasnya. 

Dalam rapat tersebut, Bupati juga meminta para Camat mendata bangunan yang belum memiliki IMB agar diarahkan untuk mengurus izinya sehingga kedepan dapat menjadi penyumbang pendapatan daerah.

Kedepan wilayah Kecamatan juga diminta harus memiliki tata ruang tersendiri di tiap Kecamatan. "Arahkan masyarakat mengurus izin pembangunan, namun aturan yang dilaksanakan jangan memberatkan masyarakat miskin," katanya.

Sedangkan data pelaksanaan ekonomi masyarakat Desa yang di fokuskan dalam rumah tangga mandiri pangan dan energi diminta terakhir hari Rabu, tanggal 25 November 2015 dan itu merupakan laporan mengenai pelaksanaan RTMPE dilapangan.

"Sehingga nantinya perusahaan yang akan diundang untuk memberikan bantuanya melalui program CSR yang mendukung ekonomi kerakyatan dapat memiliki data pasti masyarakat yang akan dibantu oleh perusahaan," katanya.

R24/awa/rif

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru