riau24 Amin Budyadi : PLTS Teluk Lanus ini Beroperasi, RE Melonjak Naik 23.11 Persen | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Amin Budyadi : PLTS Teluk Lanus ini Beroperasi, RE Melonjak Naik 23.11 Persen

0
Berita Riau -  Amin Budyadi : PLTS Teluk Lanus ini Beroperasi, RE Melonjak Naik 23.11 Persen
Siak, Riau24.com - Kini sebanyak dua unit dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) akan mulai beroperasi berkekuatan 100 KWp di Desa Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit. Ini, dipasti membikin Rasio Elektrifikasi (RE) PLN yang di Kabupaten Siak kian membaik.
 
Demikian itu disampaikan Kepala Dinas Pertambangan Energi dan Mineral (Distamben) Kabupaten Siak Amin Budyadi, pada media saat dihubungi kemari. Katanya, yang tadinya itu berada di angka 33,93 persen ditahun 2011, saat ini menjadi 57,04 persen ditahun 2015.
 
"Ini berarti selama empat tahun, RE di Kabupaten Siak melonjak 23,11 persen," kata Amin seusai dampingi Bupati Siak Syamsuar saat meresmikan dua unit PLTS berkapasitas masing-masing 50 KWp berada di Desa Teluk Lanus Kecamatan Sungai Apit.
 
Artinya, lonjakan ini tak lepas dari upaya Pemkab Siak menggeber program listrik di ‘Negeri Istana’ itu. Selama 4 tahun tadi, sudah 310,73 KMs Jaringan Tegangan Menengah (JTM) yang dibangun, 488,14 Jaringan Tegangan Rendah (JTR) dan 81 unit Trafo. 
 
"Belum lagi pembangunan PLTS dan listrik desa yang bertebaran di 131 desa/kelurahan yang ada di Siak. Alhasil dari yang tadinya 74 desa/kampung belum teraliri listrik, sekarang tinggal 22 desa/kampung. Diharapkan angka ini akan segera berkurang lantaran tahun depan kawasan Sungai Mandau juga bakal segera dialiri arus listrik," katanya.
 
Sebab sambungnya, kini Pemkab Siak sudah mengirim surat untuk permohonan kepada Kementerian Desa di Jakarta. Surat ini dengan bertujuan itu membangun PLTS di tiga desa yang berada di Sungai Mandau. Mudah-mudahan, sebut Amin, permohonan itu terkabul.
 
R24/rul/lin
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru