riau24 Sudah Ditemukan Ratusan Lembar Surat Suara Rusak di Pelalawan | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Belum Tuntas Disortir

Sudah Ditemukan Ratusan Lembar Surat Suara Rusak di Pelalawan

0
Surat suara
Berita Riau -  Sudah Ditemukan Ratusan Lembar Surat Suara Rusak di Pelalawan

Pelalawan, Riau24.com – Meski belum tuntas seluruhnya lembaran surat suara disortir para petugas,pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pelalawan sudah berhasil temukan sebanyak 300 lembar surat suara yang rusak. Sebagian besar ratusan lembaran surat suara yang rusak setelah disortir itu akibat warna kertas surat suara warnanya agak pudar.

Informasi itu dibeberkan Ketua KPU Pelalawan Nasarudin US SH melalui Ketua Pokka Logistik KPU Pelalawan Wawan Subekti kepada media Selasa (23/11/2015) di Pangkalan Kerinci. Dituturkannya, sekarang para petugas yang ditunjuk pihak KPU Pelalawan sedang melakukan proses pensortiran sekaligus dilakukan pelipatan pada semua surat suara yang ada. Kini para petugas masih terus melakukan pensortiran dan pelipatan surat suara dikantor KPU Pelalawan.

"Dalam proses pensortiran dan pelipatan surat suara itu, para petugas langsung mengecek dan memisahkan surat suara yang rusak. Kini dari hasil pengecekan yang kita lakukan saat proses sortir dan perlipatan itu sudah ada kami temukan ratusan surat suara yang rusak dan tidak layak dipakai karena dari hasil pengecekan kami temukan sebagian besar terjadi kerusakan surat suara akibat warnanya pudar dan gambar calon yang rusak.

Pada lembaran surat suara memang tidajk ada yang koyak atau robek hanya ada ditemukan surat suara yang warnanya pudar saja," jelas Ketua Pokja Divisi Logistik Wawan Subekti.

Menurut Wawan, kini prtoses pensortiran dan pelipatan surat suara masih berlangsung dilakukan para petugas. Tapi pada proses pensortiran dan pelipatan dihari pertama dilakukan para petugas kemarin, pihaknya sudah temukan sekitar 300 surat suara yang rusak dan telah kita pisahkan dari yang tidak rusak.

Memang jumlah kerusakan surat suara hasil pensortiran belum seluruhnya terdata karena proses pensortiran masih berlangsung karena masih ada puluhan ribu lembar surat suara yang akan disortir dan akan diperiksa. Hingga hari ini proses pensortiran dan pelipatan terus dilakukan para petugas dan kemungkinan baru selesai dilakukan pada malam ini.

Terkait jumlah lembaran suara yang rusak dan bila ada terjadi kekurangan saat dilakukan pensortiran maka kita akan laporkan dan minta diganti semua surat suara rusak pada pihak percetakan nantinya," terang Wawan.

Kalau untuk pendistribusian surat suara nantinya, lanjut wawan, akan dilakukan KPU Pelalawan mulai awal pada bulan depan. ”Kami rencanakan akan mulai mendistribusikan semua surat untuk Pilkada 9 Desember merndatang ini pada awal bulan depan kesetiap TPS yang ada didesa-desa dan seluruh kelurahan yang ada di 654 TPS di kabupaten Pelalawan,” tukasnya.

R24/awa/shi

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru