riau24 Diperiksa Maraton BPK, Ahok: Seperti Kuliah dengan Auditor | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Diperiksa Maraton BPK, Ahok: Seperti Kuliah dengan Auditor

1
Ahok datangi BPK. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Berita Riau -  Diperiksa Maraton BPK, Ahok: Seperti Kuliah dengan Auditor
Jakarta, Riau24.com- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menghabiskan sembilan jam pemeriksaan di kantor Badan Pemeriksa Keuangan, Jakarta, Senin (23/11/2015).

Saat keluar dari ruang pemeriksaan jelang pukul 18.00 WIB, Ahok berkata, ia mendapatkan banyak informasi tentang tata kelola keuangan negara yang belum pernah ia mengerti sebelumnya.

"Banyak manajemen dan administrasi keuangan salah yang saya tidak pernah tahu. Pemeriksaan ini seperti kuliah dengan auditor," ujar Ahok.

Mantan Bupati Belitung Timur itu lantas mengucapkan terima kasih kepada Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK, Yudi Ramdhan.

Selama sembilan jam, 12 auditor negara mengajukan pertanyaan kepada Ahok untuk mengkonfirmasi temuan-temuan BPK sebelumnya, terkait pembelian lahan yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk Rumah Sakit Sumber Waras.

Ahok menuturkan, selama pemeriksaan ia berhadapan dengan dua auditor yang mengajukan pertanyaan kepadanya secara bergantian. Di ruang rapat yang berada di lantai 12 Gedung Utama BPK itu juga terdapat dua notulan.

Usai pemeriksaan, Ahok mengaku tidak tegang. "Tadinya saya berpikir harus bawa makanan, ternyata tidak. Saya dikasih teh, kue, buah, nasi. Jujur saja, saya kenyang," ujarnya sambil tersenyum.

Sementara itu, Yudi berkata, pemeriksaan sembilan jam itu berlangsung lancar. Menurutnya, Ahok kooperatif dengan tim investigasi BPK.

Yudi memaparkan, pemeriksaan terhadap Ahok merupakan rangkaian yang tidak dapat dipisahkan dari pemeriksaan proses pembelian lahan untuk RS Sumber Waras. Ia berkata, pemeriksaan keuangan yang telah dilakukan sejak Agustus lalu itu merupakan permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Sebelum meminta keterangan Ahok, BPK telah terlebih dulu memeriksa Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah dan mantan Ketua DPRD DKI Jakarta, Ferial Sofyan.

Bekas pimpinan Badan Perencana Pembangunan Daerah dan eks kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta sebelumnya juga telah diperiksa BPK.

Setelah pemeriksaan di BPK, Ahok menegaskan siap menghadiri panggilan komisi antirasuah, jika keterangannya dibutuhkan pada proses penegakan hukum terkait lahan RS Sumber Waras.

"Sebagai pejabat publik dan warga negara yang baik, saya harus siap. Dipanggil tuhan saja saya siap kok," tuturnya.

R24/rno/cnn 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 15 Oktober 2017 06:48 wib
LIVE BULL DI CF88 AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !!
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru