riau24 Kualitas Guru Harus Terus Ditingkatkan | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Kualitas Guru Harus Terus Ditingkatkan

0
Wira Atma Hajri, S.H., M.H Dosen Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Islam Riau
Berita Riau -  Kualitas Guru Harus Terus Ditingkatkan

Pekanbaru, Riau24.com - Peringatan hari guru adalah salah satu bentuk penghargaan terhadap guru. Guru umumnya merujuk kepada pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Di sekolah, guru berperan sebagai perancang pembelajaran, pengelola pembelajaran, penilai hasil pembelajaran peserta didik, pengarah pembelajaran dan pembimbing peserta didik. Sedangkan dalam keluarga, guru berperan sebagai pendidik dalam keluarga (family educator). Sementara itu di masyarakat, guru berperan sebagai pembina masyarakat (social developer), penemu masyarakat (social inovator), dan agen masyarakat (social agent).

Hari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru, dan diperingati pada tanggal yang berbeda-beda bergantung pada negaranya. Di beberapa negara, hari guru merupakan hari libur sekolah.

Banyak kegiatan yang dilakukan siswa-siswa disekolah untuk memeriahkan hari guru diantaranya memberi cake, bunga dan hal positif lainnya.

Hanya saja dewasa ini, masih ada beberapa guru yang belum memenuhi kriteria, masih banyak guru atau tenaga pengajar yang kurang berkualitas. Menurut Wira Atma Hajri SH MH dosen fakultas hukum Universitas Islam Riau memandang kesejahteraan guru sudah banyak perkembangan, akan tetapi kualitas pendidikan harus lebih ditingkatkan lagi.

"Kualitas pendidikan masih belum optimal, bisa dikatakan masih merosot. Kedepan saya harap kualitas pendidikan harus lebih baik lagi, karena pemerintah saat ini masih terus memperbaiki untuk memberikan kesejahteraan guru. Tahapan di masa pembelajaran diperguruan tinggi harus benar-benar diperhatikan agar output yang dihasilkan lebih berkualitas, dan ini semua yang nantinya mampu menunjang kualitas pendidikan kita," jelasnya.

R24/mla

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru