riau24 KPU Dumai Musnahkan 17.293 Surat Suara Rusak Akibat Salah Cetak | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

KPU Dumai Musnahkan 17.293 Surat Suara Rusak Akibat Salah Cetak

0
Personil Polisi saat berjaga di gudang KPU Dumai
Berita Riau -  KPU Dumai Musnahkan 17.293 Surat Suara Rusak Akibat Salah Cetak

Dumai, Riau24.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai sudah memusnahkan 17.293 lembar surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang rusak akibat kesalahan cetak di perusahaan percetakan, Selasa (24/11/2015) kemarin.

Selanjutnya, KPU akan menjadwalkan pemusnahan 841 lembar surat suara rusak yang ditemukan dalam proses pelipatan yang sudah berakhir pada Sabtu pekan lalu.

“ Pemusnahan disaksikan Panwas Dumai dan Kepolisian, selanjutnya dalam waktu dekat akan diadakan pemusnahan surat suara hasil pelipatan di Dumai,” kata Sekretaris KPU Dumai Zahedi, Rabu (25/11/2015).

Dijelaskan Zahedi, pemusnahan surat suara rusak akibat robek, bercak tinta dan gambar pasangan calon kabur tersebut akan dibuat dalam kegiatan formal yang dihadiri instansi terkait, seperi Panwas, Polres, TNI dan lain sebagainya.
Kemudian, surat suara yang selesai dilipat selanjutnya disimpan di gudang KPU dengan penjagaan ketat aparat kepolisian setempat dan akan dimasukkan kedalam kotak suara setelah distribusi kebutuhan logistik Pilkada lain diterima.

“ Surat suara yang rusak dan salah cetak sudah dicetak ulang oleh perusahaan percetakan dan akan segera dikirim ke KPU Dumai,” terangnya.

Jumlah surat suara Pilkada Dumai 2015 sesuai daftar pemilih tetap sebanyak 170.883 pemilih ditambah 2,5 persen per TPS, ditambah Daftar Pemilih Tambahan (DPTb-1) sebanyak 381, dan surat suara cadangan untuk pemilihan ulang (PSU) sebanyak 2.000 lembar. 

Sebelumnya, pada Selasa (17/11/2015) sore surat suara Pilkada 2015 yang sudah tiba di Dumai sebanyak 159.500 surat suara dan jumlah tersebut belum sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), DPT B1 dan 2,5 persen surat suara cadangan untuk di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sementara, Kepala Polres Dumai AKBP Suwoyo berharap agar masyarakat menjaga suasana keamanan tetap kondusif jelang Pilkada demi sukses lancarnya helat pesta demokrasi pemilihan Walikota dan Wakil Walikota periode 2016-2021 tersebut.

“ Sejauh ini situasi Dumai jelang Pilkada masih sangat kondusif, dan kita terus mengajak semua pihak untuk menjaga suasana tetap aman agar pemilu berjalan tertib dan lancar,” ajak Suwoyo.

Dalam pelaksanaan pelipatan suara di gudang KPU, pihak Polres Dumai melakukan penjagaan secara sterilisasi dan pengawasan ketat oleh petugas terhadap pelaksanaan pelipatan surat suara tersebut.

“ Dari Polres Dumai melibatkan sekitar 15 personil yang akan menjaga proses pelipatan surat suara di gedung KPU secara bergantian, dan juga pelaksanaan tersebut dibantu dengan petugas polisi quick respon yang berpatroli,” ujar Kapolres.

Menurut Kapolres, penjagaan tersebut guna mengantisipasi adanya tindakan hal-hal yang tidak diinginkan.

R24/awa/dik

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru