riau24 Kegiatan Perizinan ESDM Tidak di Pemkab | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Kegiatan Perizinan ESDM Tidak di Pemkab

0
Salah satu lokasi pertambangan batu bara kuansing
Berita Riau -  Kegiatan Perizinan ESDM Tidak di Pemkab
Kuansing, Riau24.com - Meski baru satu tahun diberlakukannya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, Pemberian Izin tambang sudah tidak ada lagi di Pemerintah kabupaten, akan tetapi semuanya sudah diambil alih oleh pemerintah Provinsi.

Dalam aturan tersebut, izin pertambangan sudah diberlakukan di pemerintah provinsi, baik untuk penerbitan izin tambang baru maupun perpanjangan izin pertambangan. Sehingga Dinas Energi Sumber Daya Mineral tidak bisa lagi mengeluarkan izin pertambangan termasuk untuk galian C, karena adanya pelimpahan kewenangan ke provinsi.

" Jadi sesuai dengan UU no 23 Tahun 2014, seluruh persoalan perizinan pertambangan termasuk Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) juga menjadi kewenangan pemerintah provinsi dan bukan di pemerintah kabupaten lagi," Ungkap Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. Yuridisman melalui kabid Geologi dan pertambangan Umum Penta didampingi Kasi pembinaan dan Pengawasan Eko
Suyatno, ketika dihubungi Riau24.Com. 

Menurutnya, kewenangan kabupaten hanya terletak pada panas bumi seperti energi atau PLTU saja lagi. Padahal Kuansing memiliki cadfangan WPR seluas 10.845 hektar, yang telah dicadangkan ke Provinsi.

" Saat ini pihak provinsi telah menerima data, dan telah lakukan singkronisasi data wpr yang akan di bawa ke pusat," Ujarnya.

Sedangkan untuk survey atau pemetaan daerah, memang belum dilakukian oleh pihak Pemerintah Provinsi Riau," tukasnya.

R24/awa/zar
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru