riau24 Uji Coba Pemberian Subsidi Tertutup Elpiji 3 Kg Usai Pilkada | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Uji Coba Pemberian Subsidi Tertutup Elpiji 3 Kg Usai Pilkada

0
Petugas menata tabung gas elpiji ukuran 3 kg yang akan didistribusikan, Depok, Senin (22/6/2015). Pertamina menjamin pasokan gas elpiji aman hingga menjelang Lebaran 2015. (Liputan6.com/Yoppy Renato)
Berita Riau -  Uji Coba Pemberian Subsidi Tertutup Elpiji 3 Kg Usai Pilkada

Jakarta, Riau24.com - Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menunggu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) selesai untuk melakukan uji coba penyaluran subsidi elpiji 3 Kilo gram (Kg) dengan skema tertutup‎.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, uji coba tersebut rencananya dilakukan Agustus namun diundur setelah Pilkada."Itu ditunda setelah Pilkada,‎" kata Wiratmaja, di Kantor Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (25/11/2015).

Berdasarkan rencana uji coba dilakukan pada tiga wilayah yaitu Batam, Bali dan Tarakan, namun hanya Tarakan yang mau menjadi tempat uji coba program tersebut.

"Kami coba beberapa daerah. Ada beberapa daerah yang menolak jadi pilot projectnya, dan daerah yang bersedia di Tarakan," tutur dia.

Wiratmaja mengatakan, skema uji coba penyaluran subsidi epiji 3 Kg tersebut masih dikaji, di antaranya adalah menggunakan kartu dan cetak sidik jari. Wiratmaja masih optimistis penerapan penyaluran subsidi elpiji 3 Kg pada 2016.

"Dalam pilot project kita coba beberapa yang prioritas pakai kartu, finger print kita lihat yang tepat. Penerapan tetap 2016," kata dia.

Pemerintah akan melakukan kajian subsidi langsung elpiji 3 kilogram (kg) pada tiga wilayah. Pemberian subsidi langsung merupakan jurus pemerintah agar penyaluran elpiji subsidi itu tepat sasaran. Ada tiga metode untuk menyalurkan subsidi langsung, yaitu pakai kartu, subsidi langsung dan sidik jari atau finger print.

"Sudah mengerucut supaya elpiji 3 kg subsidinya tepat sasaran rumah tangga dan usaha mikro sesuai Perpres," ujar Wiratmaja.

Dia menuturkan, jika dalam uji coba tersebut membuahkan hasil yang memuaskan. Pemerintah akan menerapkan penyaluran subsidi langsung pada tahun depan. "Kita pilot project tahun ini, kalau bagus tahun depan diterapkan," pungkas dia.‎ 

R24/rno/lip

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru