riau24 November 2015 Puncak Curah Hujan Tertinggi Riau | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

November 2015 Puncak Curah Hujan Tertinggi Riau

0
Berita Riau -  November 2015 Puncak Curah Hujan Tertinggi Riau
Pekanbaru, Riau24.com - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru mencatat curah hujan tertinggi selama tahun 2015 ada dibulan november yang mencapai 126 milimeter selama 24 jam.
 
Menurut Adhitama bagian analisa dan perkiraan, di bulan November ini merupakan puncak musim hujan sementara pada Desember mendatang Riau secara keseluruhan akan mengalami masa transisi beralih ke musim kemarau.
 
"Nopember 2015 ini diperkirakan mengalami curah hujan berkisar 201.0 s/d 300.0 mm. Sebagian kecil Untuk wilayah Kabupaten Kampar sebelah Timur diprakirakan mengalami curah hujan berkisar 301.0 s/d 400.0 mm dan Kabupaten Rokan Hilir bagian Utara diperkirakan akan mengalami curah hujan berkisar 151.0 s/d 200.0 mm. Kondisi cuaca saat ini hujan sedang dengan suhu 23-33 derajat celcius, kelembaban ada di 53-98%, kecepatan angin 13 km/jam  arah angin utara,"jelasnya.
 
Adhitama menambahkan, dengan curah hujan seperti itu berpotensi menyebabkan banjir di sejumlah titik di Pekanbaru, seperti di Rumbai pesisir dan daerah tepi aliran sungai. Selain Pekanbaru, terdapat sejumlah wilayah lainnya dengan curah hujan yang tinggi seperti Bengkalis, Siak, Rokan Hilir, Kampar, Indragiri Hulu, Pelalawan, Kuantan Singingi dan Indragiri Hilir.
 
Potensi hujan terjadi pada Sore hingga Malam hari, lembaga pemantau cuaca rutin mengeluarkan peringatan dini akan terjadinya hujan disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah Riau. Untuk itu BMKG mengimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar rumah.
 
Terlepas dari hal-hal tersebut diatas, secara khusus BMKG memperingatkan Riau akan kembali memasuki musim kemarau pada Januari dan Februari mendatang. "Untuk itu perlu langkah tegas guna menghindari terjadinya kembali kebakaran lahan dan hutan," tutup Adhitama.
 
R24/mla
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru