riau24 Masih Banyak Gerai di Pekanbaru yang Belum Mengantongi Lebel Halal | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Masih Banyak Gerai di Pekanbaru yang Belum Mengantongi Lebel Halal

0
Majelis Ulama Indonesia
Berita Riau -  Masih Banyak Gerai di Pekanbaru yang Belum Mengantongi Lebel Halal
Pekanbaru, Riau24.com - Mulai dari anak-anak, Remaja hingga kalangan tua di Pekanbaru sangat hobi mengunjungi gerai-gerai kuliner yang menawarkan makanan-makanan yang memanjakan selera. Ditambah lagi gerai-gerai usaha dan restoran-restoran hotel di Pekanbaru semakin hari semakin bertambah. 
 
Namun banyak yang tidak mengetahui bahwa beberapa keberadaan gerai usaha dan restoran hotel yang sudah lama beroperasi masih belum memiliki sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Riau.
 
Berdasarkan data LPPOM Riau terdapat sekitar 234 gerai usaha yang telah melakukan sertifikasi dan hanya lima diantaranya berada di kota Pekanbaru seperti Coffe two, Vanholland, Restoran Hotel (Mona,Premier) dan Waroeng Steak.  
 
"Hanya lima tempat yang sudah dapat sertifikasi di Pekanbaru, selebihnya belum ada", Terangnya petugas LPPOM.
 
Akan tetapi, beberapa gerai usaha dan restoran hotel justru menuding pihak MUI dan LPPOM selama ini tidak ada melakukan sosialisasi kepada gerai-gerai usaha.
 
Atas tudingan tersebut, Auditor LPPOM Riau Amelia membenarkan hal tersebut.
"Sejauh ini kami memang tidak ada melakukan sosialisasi ke restoran hotel dan gerai-gerai makanan, hal ini dikarena keterbatasan dana yang kami miliki", jelasnya Jumat
(27/11/2015).
 
Sejauh ini LPPOM Riau hanya dibantu oleh Dinas Koperasi Bengkalis, Dumai, Inhil, Kelautan dan dana pribadi dari LPPOM sendiri.  "Tidak ada bantuan dari Pemko Pekanbaru dan Pemprov Riau. Adapun dana yang diberikan pusat masih sangat kecil. Sehingga dana-dana yang kami dapat dari dinas yang bekerjasama kami manfaatkan semaksimal mungkin",Tambah Amelia.
 
LPPOM sendiri sejauh ini baru menerima sekitar lima belas gerai usaha yang sudah mendaftar untuk mendapatkan sertifikasi halal. Tiga diantaranya gerai usaha yang ada di Pekanbaru seperti Ecy Crispy, Rasa Enak, dan Coffe two yang sedang melakukan perpanjangan sertifikasi.
 
Dan siang tadi pukul 14:00 wib MUI dan LPPOM telah melaksanakan rapat tertutup terkait sertifikasi halal yang akan dikeluarkan untuk lima belas gerai usaha dan tiga diantaranya di Pekanbaru. Dalam rapat tertutup ini membahas tentang kelayakan terkait bahan-bahan yang digunakan gerai tersebut.
 
R24/mla
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru