riau24 Pemkab Rohul Minta DPRD Rohul Segera Bahas KUA dan PPAS Perubahan 2015 | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Pemkab Rohul Minta DPRD Rohul Segera Bahas KUA dan PPAS Perubahan 2015

0
Sekretaris daerah Rohul Damri Harun
Berita Riau -  Pemkab Rohul Minta DPRD Rohul Segera Bahas KUA dan PPAS Perubahan 2015

Rohul, Riau24.com - Pemkab Rokan Hulu (Rohul) mengaku sudah menyampaikan rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan tahun 2015 ke DPRD Kabupaten Rohul di awal November 2015 lalu.

Namun, hingga kini, KUA dan PPAS Perubahan 2015 tersebut, belum dilakukan pembahasan bersama antara Badan Anggaran (Banggar) DPRD dengan Tim anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) Rohul.

"Mengingat waktu yang singkat, maka kita berharap agar DPRD Rohul dapat membahas KUA dan PPAS Perubahan 2015. Karena sudah tiga kali diagendakannya rapat penjadwalan pembahasan KUA dan PPAS Perubahan, oleh Badan Musyawarah (Banmus), tidak terlaksana. Karena Anggota Banmus yang hadir tidak memenuhi kuorum," kata Sekda Rohul Ir. Damri Harun, MM, kemarin, terkait pembahasan KUA dan PPAS Perubahan Rohul tahun 2015 yang molor.

Sekda juga Ketua TAPD Rohul mengaku dirinya tidak mendapatkan informasi mengapa tiga kali dijadwalkan rapat Banmus untuk mengagendakan pembahasan KUA dan PPAS Perubahan 2015 tidak memenuhi kuorum.

"Itu Interen Dewan, dan kita tidak mengetahuinya. Rapat Banmus tidak terlaksana, akibat tidak kuorumnya kehadiran Anggota Banmus dalam rapat penjadwalan kegiatan DPRD," ucap Sekda.

Dimana batalnya Rapat Banmus DPRD Rohul terkiat penjadwalan agenda kegiatan DPRD yakni tanggal 9 November, 16 November dan 20 November 2015. Sekda mengaku, sehingga perlunya pembahasan KUA dan PPAS Perubahan tersebut, karena ada beberapa tiga kegiatan yang dilaksanakan dasar hukumnya melalui Peraturan Bupati (Perbub) Rohul.

Ada tiga kegiatan, yakni Dana Pilkada Rohul, Dana Alokasi Khusus (DAK) Tambahan Pertanian dan Kesehatan, Kucuran Dana Desa yang bersumber dari APBN 2015.

"Dana untuk tiga kegiatan itu keluar, setelah APBD Rohul 2015 disahkan DPRD Rohul. Sehingga dalam penggunaan anggaran daerah itu, dikeluarkan Perbub. Namun Perbub dari tiga anggaran kegiatan yang dilaksanakan itu, harus dituangkan didalam APBD Perubahan 2015," ucap Sekda lagi.

Sementara, di tempat terpisah, Pimpinan DPRD Rohul H. Zulkarnain, S.Sos dikonfirmasi wartawan mengatakan penyerahan KUA dan PPAS Perubahan 2015 oleh Pemkab Rohul dinilai terlambat oleh DPRD. Seharusnya pekan kedua Agustus 2015, pemerintah daerah sudah mengajukan ke DPRD Rohul. Sedangkan KUA dan PPAS Perubahan 2015 diajukan di November.

"Pimpinan DPRD sudah tiga surati pemerintah daerah untuk segera mengantarkan KUA dan PPAS Perubahan 2015. Rancangan KUA dan PPAS Perubahan itu baru sampai ketangan pimpinan 11 November. Sekarang ini sudah tanggal 23 November, waktu yang singkat dan dinilai sudah tidak dimungkinkan lagi dibahas KUA dan PPAS Perubahan 2015," sebutnya.

Zulkarnain menjelaskan bukan DPRD tidak mau membahas, namun berhubung waktu singkat hingga akhir Desember 2015, sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan pembahasan KUA dan PPAS. Pembahasan hingga mendapat kesepakatan bersama Banggar dengan TAPD Rohul.

Setelah pemerintah daerah menyerahkan Ranperda APBD Perubahan 2015, dilanjutkan dengan pembahasan anggaran hingga disahkannya APBD Perubahan 2015.

"Kami berharap pemerintah daerah segera mengantarkan KUA dan PPAS 2016 ke DPRD. Jangan nanti salahkan DPRD, jika terjadi keterlambatan dalam pengesahan APBD Rohul 2016 yang seharusnya per 31 Desember 2015 sudah disahkan," ungkapnya.

R24/awa/ags

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru