riau24 Setoran Awal Rp 5.000, Siswa Sekolah Bisa Punya Rekening di Bank | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Setoran Awal Rp 5.000, Siswa Sekolah Bisa Punya Rekening di Bank

0
Anak-anak sedang berada di Establishment Minibank BCA di KidZania Jakarta
Berita Riau -  Setoran Awal Rp 5.000, Siswa Sekolah Bisa Punya Rekening di Bank
Riau24.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus meningkatkan tingkat literasi keuangan bagi semua lapisan masyarakat Indonesia.

Salah satu inisiatif yang diambil regulator adalah dengan menghadirkan produk tabungan khusus untuk para siswa sekolah.

Kepala Eksekutif Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S Soetiono menjelaskan, inisiatif tersebut adalah dengan meluncurkan produk Simpanan Pelajar (Simpel). 

Produk ini merupakan produk tabungan untuk memperkenalkan produk jasa keuangan sejak dini. 

"Simpel adalah simpanan pelajar, khusus bagi anak-anak siswa SD sampai SMA dengan fitur yang menarik," kata Kusumaningtuti di SD Negeri 01 Menteng, Jumat (27/11/2015). 

Kusumaningtuti menjelaskan, produk tabungan Simpel tidak memiliki biaya administrasi sama sekali. Selain itu, setoran awalnya pun sangat rendah. 

Untuk tabungan konvensional, para siswa cukup menyetorkan uang sebesar Rp 5.000 dan untuk tabungan syariah hanya Rp 1.000. 

"Tabungan Simpel ini diselenggarakan oleh bank-bank yang telah kerjasama. Ini untuk menjangkau siswa SD sampai SMA yang jumlahnya mencapai 57 juta jiwa atau 20 persen dari populasi Indonesia dan jumlah sekolah SD sampai SMA sebanyak 255.000 sekolah," terang Kusumaningtuti. 

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa produk tabungan Simpel diluncurkan pada bulan Juni 2015 lalu dan secara resmi diaktivasi pada bulan September oleh OJK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag). 

"Saat ini sudah ada kerjasama dengan 27 bank dan jumlah rekening sudah mencapai 170.000 ribu. Sudah puluhan ribu anak yang terdaftar dan ini akan bertambah terus," terang Kusumaningtuti.

R24/rno/kom 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru