riau24 Jaga Nilai Tukar, Pemerintah Jangan Terlalu Banyak Umbar Janji! | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Jaga Nilai Tukar, Pemerintah Jangan Terlalu Banyak Umbar Janji!

0
Illustrasi. ANT/Rosa Panggabean
Berita Riau -  Jaga Nilai Tukar, Pemerintah Jangan Terlalu Banyak Umbar Janji!

Jakarta-Riau24.com - Nilai tukar rupiah mendekati level Rp14.400 per USD. Tekanan eksternal dan janji pemerintah terkait pembangunan infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi  yang tidak sesuai harapan di September tahun ini menjadi penyebabnya.

Hal tersebut diutarakan Ekonom Senior Eric Sugandi, ketika ditemui dalam acara seminar tentang pemerintah dalam penggunaan rupiah dan dampaknya pada ekonomi dan bisnis yang diselenggarakan Standard Chartered Bank Indonesia bersama EY Indonesia dan Forbes Indonesia di Graha CIMB Niaga, Jakarta (10/9/2015).

"Banyak janji pemerintah, apalagi prediksi pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan membaik pada September tahun ini, tidak terlaksana. Sehingga nilai tukar rupiah kita terus menurun, dan USD semakin menguat," kata ‎dia.

Melihat keadaan itu, ujar dia, Bank Indonesia (BI) dan pemerintah sudah tidak punya kredibilitas tinggi di masyarakat. Masyarakat pun lelah dengan janji manis pemerintah, apalagi hasilnya sangat tidak sesuai apa yang diharapkan.

Meskipun nilai tukar masih menurun tajam, menurut Eric, B‎I bisa menjaga volatilitas nilai rupiah, agar rupiah tidak berlari kencang.  BI juga bisa melakukan intervensi ke pasar melalui cadangan devisa dengan persiapan dana yang terbatas. 

"BI sudah all out, kalau intervensi pasar melalui melalui cadangan devisa yang kita punya jangan terlalu besar, itu sama saja kita berani mencoba menggarami laut yang sangat luas, karena tekanan (pressure) yang kita hadapi sangat besar," jelas dia.

Jika ada pelemahan kembali, BI harus mengantisipasi jangan sampai rupiah kembali ke level yang lebih dalam, seperti menuju ke posisi Rp14.500 per USD, bahkan bisa menembus level Rp15.000 per USD. 

"Itu yang harus dijaga oleh BI agar tidak menembus Rp14.500 per USD," tutup dia.

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru