riau24 Wali Murid SMPN 10 Pekanbaru Ini Pertanyakan Pungutan Uang Terobosan Rp120 Ribu | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Wali Murid SMPN 10 Pekanbaru Ini Pertanyakan Pungutan Uang Terobosan Rp120 Ribu

0
SMPN 10 Pekanbaru yang Berada di Jalan Soetomo
Berita Riau -  Wali Murid SMPN 10 Pekanbaru Ini Pertanyakan Pungutan Uang Terobosan Rp120 Ribu
Pekanbaru, Riau24.com - Adanya uang terobosan yang dibebankan terhadap siswa-siswi di SMPN 10 Pekanbaru, untuk satu semester ini membayar Rp120.000. Hal itu dikeluhkannya wali murid, karena tidak jelas dasar hukum pungutan tersebut.
 
"Heran juga melihat dari kebijakan dibuat pihak SMPN 10 Pekanbaru ini. Pasalnya, tiap dari siswa-siswi dikenakan uang terobosan. Yaitu, sebesar Rp120 ribu per semester (enam bulan, red) ditetapkan oleh sekolah dengan secara sepihak," ungkap Wali Murid. 
 
Wali Murid meminta namanya tak dipublikasikan mengatakan, tentu patut dipertanyakan kebijakkanya serta dasar hukum ada pungutan tersebut. Jikalau, tidak ada dasar hukum yang jelas, tentu bisa jadi itu kategori pungutan liar (pungli) dilakukan sekolah.
 
"Setahu saya, uang terobosan itu hanya dibebani semata pada tiap siswa-siswi kelas sembilan, bukan dibebankan pada kelas tujuh jufga delapan. Tapi ini yang dilakukanya pihak sekolah, sudah tidak benar. Makanya, ini patut dipertanyakan kebijakan," ujarnya.
 
Senada itu juga diungkapkan Wali Murid lainnya, sebut saja Marudut saat berbincang-bincang, dengan media ini. Katanya, dirasa sangat tidak masuk akal ini ada pungutan uang terobosan tersebut. Karena, yang namanya uang terobosan ini untuk kelas sembilan.
 
"Kalau dihitung-hitung pada kelas tujuh itu ada 300 orang. Maka itu, jika dihitung perbulannya sekolah dapat meraup uang kelas tujuh ini sebesar Rp6 jutaan. Ditambah itu dari kelas 8, dan kelas 9. Dimana jumlah siswa ini sama. Tentunya, cukup besar," ujarnya.
 
Dikatakannya, dalam sebulan itu pihak sekolah akan meraup uang terobosan dari siswa-siswi sekitar Rp18 jutaan. Dan dihitung saja itu kalau dikalikan enam bulan, maka begitu besar uang yang diraupnya dengan dalih kegunaan terobosan bagi para siswa-siswi.
 
Sementara itu dikonfimasi, Wakil Kepala SMPN 10, Agus Witarsa melalui selulernya, mengatakan, kalau mau konfirmasi, silakan itu pada pihak komite. "Kalau bapak mau konfirmasi, silakan ke komite kami saja. Kami ini hanya laksana program komite," ujarnya.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru