riau24 Masih Ada Harapan Membangun Jalan ke Teluk Lanus, Lewat HTI RAPP | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Masih Ada Harapan Membangun Jalan ke Teluk Lanus, Lewat HTI RAPP

0
Irving Kahar
Berita Riau -  Masih Ada Harapan Membangun Jalan ke Teluk Lanus, Lewat HTI RAPP
 
Siak, Riau24.com -Harapan dari warga terisolasi di Teluk Lanus, Kabupaten Siak masih akan ada. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak sudah mengurus izin pinjam pakai kepada Mentri Kehutanan untuk membuka jalan dari Rawa Minyak menuju Teluk Lanus.
 
Ini diungkap, Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Siak Irfing Kahar, melalui Kepala Bidang Bina Marga Ardi Irfandi. Ia mengatakan, bahwa membangun dalam jangka pendek maupun itu menengah ini menuju Teluk Lanus memang diakui sangat sulit.
 
Namun, pihaknya tetap berupaya sekuat mungkin untuk membuka akses menuju itu daerah-daerah yang masih terisolasi di pesisiran Kabupaten Siak. “Harapan besar daripada masyarakat, juga sama harapan kami. Bagaimana upaya jalan bisa kita buka," ujarnya.
 
Sehingganya, bebas akan daerah terisolasi. Namun halnya Untuk ini memang dibutuhkan waktu cukup dan sangat panjang. Dijelaskanya bahwa panjang jalan kampung di Sungai Rawa ke kampung Teluk Lanus sepanjang 68 KM. Sedang sudah ditangani baru 8 KM.
 
"Masih tersisa 60 KM, dengan 3 jembatan bentang menengah. Ini untuk target jangka pendek maka pihaknya bakal menguhubungkan pelabuhan Futong (milik perusahaan) dengan Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB). Rencana itu juga sinkron dengan rencana Pemerintah Kabupaten Kepulaian Meranti yang akan membangun jembatan antar pulau Tebing Tinggi dengan Pulau Sumatera .
 
“Sedangkan target jangka panjang menghubungkan kampung Teluk Lanus dengan ibu kota kecamatan Sungai Apit,” ujar dia.
 
Adapun kendala terbesar yang dihadapi pemerintah terkait kondisi alam untuk membuka jalan itu. Kondisinya sangat menyulitkan untuk dibangun jalan, karena lahan gambut dengan kedalaman 10 meter. Lahan ini juga berbatasan dengan wilayah HTI PT RAPP. 
 
R24/rul/lin
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru