riau24 Misteri Asal Terbentuknya 'Planet Alien' Terkuak | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Misteri Asal Terbentuknya 'Planet Alien' Terkuak

0
Ilustrasi alien (Christian Marquardt/Getty Images)
Berita Riau -  Misteri Asal Terbentuknya 'Planet Alien' Terkuak
Jakarta, Riau24.com - Heboh soal penemuan planet yang tak biasa dan diyakini sebagai planet tempat bersemayam makhluk cerdas seperti alien, memunculkan penelitian berkelanjutan. Misteri itu pun sedikit demi sedikit terkuak.

Dari penelitian yang dilakukan oleh tim yang dipimpin oleh Massimo Marengo dari Iowa State University ditemukan bahwa kemungkinan besar 'planet alien' tersebut muncul dari anomali bintang yang disebabkan oleh keberadaan komet.

Kesimpulan sementara ini dilakukan melalui penelitian lebih lanjut menggunakan Teleskop Spitzer Space. SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence) juga tidak mememukan sinyal-sinyal lainnya ketika sempat mengarahkan antena radio terhadap bintang yang diberi nama KIC 8462852, sebagaimana dilaporkan dalam Discovery News.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Astrophysical Journal Letters dijelaskan bahwa kemungkinan ada sekumpulan komet yang melintasi bintang ini, kemudian menyebabkan bintang meredup hingga mencapai 22 persen.

"Mungkin saja ada sekumpulan komet yang melintas melalui orbit yang unik di sekeliling bintang," jelas NASA.

Ilmuwan menduga di antara kumpulan komet tersebut, ada sebuah komet yang berukuran besar lainnya dan melintas di depan bintang KIC 8462852 sehingga menghalangi cahaya bintang, sebagaimana berhasil dipantau dengan teleskop Kepler pada tahun 2011. 

Sementara itu, pada tahun 2013, kumpulan komet lainnya juga melintas di depan bintang KIC 8462852 sehingga ikut menutupi cahayanya.

Bintang yang diklaim sebagai 'planet alien' ini pertama kali ditemukan oleh ahli astronomi pada Oktober 2015 dengan menggunakan teleskop Kepler. Bintang ini diketahui memiliki pola cahaya yang tidak biasa bila dibandingkan bintang-bintang lainnya.

Di awal penemuan ini, diketahui bintang ini memiliki pola cahaya yang tidak biasa, di mana bintang ini meredup dan hal ini membingungkan para ilmuwan. 

Salah satu hipotesis yang ada kala itu menyatakan bahwa cahaya bintang yang meredup serta aktivitasnya yang tidak biasa ini mungkin disebabkan karena adanya struktur besar alien pada bintang tersebut. 

Hal ini sempat membuat heboh pemberitaan, sampai akhirnya diketahui bahwa tidak ada tanda-tanda lebih lanjut terkait keberadaan alien di sana.

R24/rno/cnn

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru