riau24 Kuansing Terbaik di Indonesia Dalam Perda Penyusunan Bangunan Gedung | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Kuansing Terbaik di Indonesia Dalam Perda Penyusunan Bangunan Gedung

0
Kadis CKTR H. Fahruddin, ST didampingi kabid Tata Bangunan Alpion Hendra, ST
Berita Riau -  Kuansing Terbaik di Indonesia Dalam Perda Penyusunan Bangunan Gedung

Kuansing, Riau24.com – Kabupaten Kuantan Singingi bakal menerima penghargaan sebagai daerah penyusun peraturan daerah (Perda) bangunan gedung terbaik se-Indonesia dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia.

“ Alhamdulillah kerja keras Pemkab Kuansing menyusun Perda Bangunan Gedung, dinilai Kementrian PU dan Perumahan Rakyat sebagai Perda terbaik se-Indonesia, mereka mengundang Bapak Bupati untuk hadir pada acara penyerahaan penghargaan tanggal 1 Desember,” Ungkap Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Kabupaten Kuantan Singingi, H. Fakhurddin, ST melalui Kepala Bidang Tata Bangunan, Alfion Hendra, ST kepada wartawan.

Menurutnya, dari undangan yang telah disampaikan tersebut, dari 416 kabupaten dan kota di Riau, terdapat lima daerah tingkat dua yang akan menerimanya, terdiri dari empat kota dan satu kabupaten. “ Empat kota tersebut masing-masing Kota Semarang, Malang, Batam dan Bontang, sedangkan kabupaten satu-satunya Kuantan Singingi,” Paparnya.

Dijelaskan Alpion Hendra, Perda Nomor 2 Tahun 2012 Kabupaten Kuantan Singingi tentang Bangunan Gedung merupakan amanat dari Undang-Undang Bangunan Gedung Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung yang inisiatifnya diajukan oleh Pemkab Kuansing kepada DPRD kabupaten Kuantan Singingi.

Padahal ujarnya, saat proses penyusunan dilakukan pada waktu itu tidak tersedia anggaran untuk penyusunan Perda tersebut. Namun atas inisiatif dari beberapa orang yang dikoordinir tatkala itu oleh Plt.

Kepala Dinas CKTR, Fahruddin dan Kepala Bidang dan Tata Bangunan dan Perumahan,  Burhanudin, bersama salah seorang tenaga ahli, Sujadi  dan dibantu dirinya yang saat itu masih menjabat salah satu Kepala Seksinya upaya menyusun Perda tersebut tetap dilanjutkan hingga tuntas.

“ Alhamdulillah  dengan niat yang tulus, kebersamaan serta semangat dan pemahaman bersama dari berbagai pihak tersebut pada tahun 2015 ini bersempena HUT Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan tanggal 3 Desember 2015,  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan tanggal 1 Desember 2015 ini memberikan penghargaan tersebut kepada Bupati Kuantan Singingi sebagai Kabupaten terbaik se Indonesia yang telah menyusun dan menjalankan amanat undang-undang nomor 28 tahun 2002 tentang bangunan gedung dalam bentuk menerbitkan produk hukum berupa Perda Nomor 2 Tahun 2012 Kabupaten Kuantan Singingi tentang Bangunan Gedung,” bebernya.

Diakuinya  dalam penyusunan Perda bangunan gedung Kabupaten Kuantan Singingi ini tidaklah mudah (zero cost) namun juga melalui suatu proses perdebatan dan waktu yang panjang dan dengan niat yang tulus, kebersamaan serta semangat dan pemahaman bersama dari berbagai pihak akhirnya eksekutif dan legislatif menyepakati dan mensahkan menjadi suatu produk hukum daerah dalam bentuk Perda.

R24/awa/zar

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru