riau24 Yuan jadi Mata Uang Global, RI Berpeluang Dongkrak Ekspor | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Yuan jadi Mata Uang Global, RI Berpeluang Dongkrak Ekspor

0
BPS menilai penguatan yuan akan membuat harga produk China menjadi lebih mahal dibandingkan sebelumnya sehingga bisa memangkas impor. (REUTERS/Stringer).
Berita Riau -  Yuan jadi Mata Uang Global, RI Berpeluang Dongkrak Ekspor
Jakarta, Riau24.com - Masuknya mata uang China, yuan sebagai mata uang cadangan atauSpecial Drawing Right (SDR) bersama dolar Amerika Serikat dan euro dinilai mampu memberikan dampak positif bagi Indonesia. Hal tersebut menurut Badan Pusat Statistik (BPS) menjadi momentum Indonesia meningkatkan ekspor ke negara tirai bambu.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo mengatakan kebijakan Dana Moneter Internasional (IMF) tersebut dapat memperkuat yuan terhadap mata uang negara lain termasuk rupiah. Kuatnya hubungan dagang Indonesia dengan China dinilai mampu memberikan pengaruh terhadap permintaan yuan untuk transaksi perdagangan. Kuatnya permintaan ini akan membuat nilai yuan akan menguat terhadap rupiah.

"Kalau menguat terhadap rupiah pasti membuat barang ekspor kami kesana bisa lebih murah, sehingga mereka bisa membeli barang kami lebih banyak. Karena banyak orang yang senang beli karena harga lebih murah, sehingga kami bisa ekspor kesana lebih banyak," ujar Sasmito di kantornya, Selasa (1/12/2015).

R24/rno/cnn 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru