riau24 50 Warga Lubuk Tangguk Terserang Chikungunya | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

50 Warga Lubuk Tangguk Terserang Chikungunya

0
Berita Riau -  50 Warga Lubuk Tangguk Terserang Chikungunya

Inhu, Riau24.com - Sedikitnya 50 orang lebih warga Dusun Lubuk Tangguk Desa Pasir Kemilu Kecamatan Rengat Inhu terserang penyakit Chikungunya atau virus yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes aegypti. Untuk itu Dinas Kesehatan Inhu telah melakukan fogging dan sosialisasi tentang bahaya gigitan nyamuk. 

“Antisipasi terhadap serangan penyakit Chikungunya di Dusun Lubuk Tangguk, sudah dilakukan fogging dan sosialisasi banyak nyamuk Aedes aegypti,” ujar Kadiskes Inhu H. Suhardi SE Msi didampingi Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Evy Irma Yunita SKM, kemarin.

Dijelaskannya, penyakit Chikungunya merupakan virus yang menyerang manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Dimana nyamuk tersebut berperan sebagai perantara atau vektor yaitu organisme yang membawa virus Chikungunya di dalam tubuh manusia.

Gejala yang dialami oleh penderita penyakit Chikungunya yakni mengalami sakit disetiap persendian. Akibatnya, penderita akan kesulitan bergerak atau sulit berdiri.

"Untuk penderita penyakit Chikungunya di Dusun Lubuk Tanggung, hingga saat ini tidak ada lagi yang di rawat. Karena sebelumnya, sebagian penderita sempat di rawat di Puskesmas Sepayung Rengat," sebutnya. 

Guna mengantisipasi serangan virus penyakit chikungunya, Dinkes Inhu mengimbau agar masyarakat menerapkan pola hidup bersih. "Kami juga menganjurkan agar masyarakat rutin menggunakan obat anti nyamuk pada pagi dan sore heri, karena nyamuk banyak hidup pada genangan - genangan air, apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan," terangnya.

R24/awa/ton 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru