riau24 RSUD Dumai Kini Miliki Dokter Spesialis Bedah Mulut | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

RSUD Dumai Kini Miliki Dokter Spesialis Bedah Mulut

0
RSUD Kota Dumai
Berita Riau -  RSUD Dumai Kini Miliki Dokter Spesialis Bedah Mulut

Dumai, Riau24.com - Pemerintah Kota Dumai melalui RSUD terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit dengan menggandeng dua dokter spesialis dari Universitas Sumatera Utara (USU), dalam bentuk operasi bedah mulut bersama.

Direktur RSUD Dumai dr. Syaiful menyebutkan, kerjasama dengan spesialis dari Kota Medan itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas tim medis dan spesialis bedah mulut yang ada di Dumai.

“ Bersama 2 spesialis dari USU ini penanganan operasi selalu didampingi tim dari Dumai. Dari operasi bersama ini diharapkan dapat saling berbagi pengalaman, meningkatkan skill dan pengetahuan sehingga penanganan berbagai kasus yang berkaitan dengan operasi bedah mulut dapat berjalan baik,” ujar dr Syaiful kepada wartawan, kemarin.

Syaiful menyatakan melalui kerjasama dengan spesialis USU tersebut RSUD Dumai telah sukses melaksanakan operasi terhadap pasien yang mengalami penyakit tumor rahang. Biasanya, mereka yang mengalami kanker ganas di daerah rahang ini di Provinsi Riau hanya bisa ditangani di RS Arifin Ahmad, Pekanbaru.

“ Masyarakat tidak lagi bersusah payah harus dirujuk kesana kemari. Karena segala sesuatunya yang berkaitan dengan operasi bedah mulut sudah bisa ditangani di Dumai,” katanya.

Menurut Syaiful, mendatangkan spesialis bedah mulut dari USU ini tidak mudah, butuh dana operasional yang mahal, selain juga harus menyediakan fasilitas dan akomodasi. Namun demikian kedepan benefit yang akan didapat dengan hadirnya dua spesialis dari USU itu jauh lebih besar.

“ Jadi ini semacam investasi bidang kesehatan di masa depan, tidak hanya memperkuat eksistensi RSUD Dumai sebagai rumah sakit rujukan regional untuk wilayah Bengkalis, Siak dan Rohil, namun yang paling penting pelayanan kesehatan menjadi lebih baik, karena kita telah mempersiapkan tim-tim dokter yang mumpuni dan handal,” sebutnya.

Ditambahkan Syaiful, RSUD Dumai yang tengah menyongsong status Tipe B ini, kini telah memiliki seorang Spesialis Bedah Mulut. Berbagai operasi telah sukses dilaksanakan kepada penderita labio palato atau penderita bibir sumbing yang membelah hingga ke langit-langit bahkan bolong sampai ke hidung.

“ Kita juga seharusnya bangga, karena spesialis bedah mulut ini satu-satunya di Riau, dari seluruh rumah sakit yang ada di Riau hanya Dumai yang memiliki spesialis bedah mulut setelah RS Arifin Ahmad,” tuturnya.

Meski demikian, diakuinya masih banyak kekurangan yang harus dibenahi, terutama berkaitan dengan peralatan operasi di kamar operasi.

Untuk itu, Ia berharap kedepan DPRD Kota Dumai dapat memberikan support anggaran yang memadai pada anggaran APBD Kota Dumai tahun 2016 mendatang, sehingga alat bedah mulut di kamar operasi dapat segera dilengkapi.

“ Ya, semoga di 2016 nanti RSUD Dumai sudah melengkapi alat bedah mulut di kamar operasi,” harapnya.

R24/awa/dik

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru