riau24 Kesaksian Sudirman Said dalam Sidang MKD | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Kesaksian Sudirman Said dalam Sidang MKD

1
Menteri ESDM Sudirman Said jadi saksi pertama sidang MKD yang menyidang perkara Setya Novanto. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Berita Riau -  Kesaksian Sudirman Said dalam Sidang MKD
Jakarta, Riau24.com - Menteri Energi Sumber Daya Mineral Sudirman Said jadi saksi pertama yang diperiksa Mahkamah Kehormatan Dewan hari ini. Sebagai pengadu, Sudirman akan dimintai keterangan seputar laporannya yang menyebut ada pencatutan nama Presiden dan Wakil Presiden oleh Ketua DPR Setya Novanto.

Kami, CNNIndonesia.com akan melaporkan secara langsung proses pemeriksaan ini bersama wartawan kami Gilang Fauzi langsung dari Komplek DPR di Senayan, Jakarta.

Pukul 15.11 WIB, Gedung Nusantara II DPR, Jakarta.

Ketua Sidang Surahman Hidayat menskors sidang MKD dengan agenda pemeriksaan Menteri ESDM Sudirman Said untuk salat ashar dan akan kembali dimulai pukul 16.00 WIB

Sebelumnya pada pukul 14.25 WIB, di Balai Kota usai bertemu Ahok, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan dirinya siap apabila dihadapkan di Mahkamah Kehormatan Dewan. "Nanti saja tunggu jika saya dipanggil Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI maka saya akan menjawabnya" kata Luhut.

Nama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan kabarnya disebut sebanyak 66 kali dalam rekaman mengenai Freeport yang di dalamnya terdapat suara terduga Ketua DPR RI Setya Novanto dan Riza Chalid. 


Pukul 15.09 WIB, Gedung Nusantara II DPR, Jakarta.

Sudirman Said mengaku secara pribadi tidak ada masalah dengan Setya Novanto. Ia mengaku kerap bertemu dalam acara kenegaraan. Sudirman menyebut Setya adalah salah satu pimpinan negara ini.

Pukul 15.06 WIB, Gedung Nusantara II DPR, Jakarta.

Wakil Ketua MKD Junimart Girsang menghujani pertanyaan pada Sudirman Said soal pertemuannya dengan Direktur Utama PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin. Tiga kali Maroef mengaku bertemu dengan Setya Novanto. Pertemuan ketiga yang kemudian direkam oleh Maroef dan diserahkan ke Sudirman Said. Saat pertemuan itu Setya ditemani oleh pengusaha Riza Chalid. "Marof bertanya-tanya kenapa ada Riza, apalagi nama terakhir (Riza) selama ini sosok kontroversial soal migas," kata Sudirman.

Pukul 14.55 WIB, Gedung Nusantara II DPR, Jakarta.

Menjawab soal keabsahan barang bukti rekaman dari anggota MKD Guntur Sasono, Sudirman mengatakan, tidak mengatahuinya. Menurutnya yang lebih penting adalah pertemuan itu sendiri. Karena itu pertemuan dilaporkan ke MKD. Karena membutuhkan barang bukti, maka ia membawa rekaman sebagai barang bukti. 

Guntur menyesalkan pernyataan Said yang mengeyampingkan kewajiban untuk mengecek keaslian dari rekaman yang dia dapat. Padahal, kata Guntur, keabsahan dari rekaman tersebut merupakan bukti yang mesti dipertanggungjawabkan seorang pengadu.

Pukul 14.48 WIB, Gedung Nusantara II DPR, Jakarta.

Sudirman Said mengatakan, dirinya sudah memberikan peringatan pada petinggi PT Freeport Indonesia agar tidak menggunakan jaringan politik mereka. Boleh saja Freeport bertemu siapa saja, namun ia minta diupdate. "Banyak yang bilang bisa menyelesaikan masalah Freeport, katanya bisa jadi perantara dengan Presiden," kata Sudirman.

Pukul 14.44 WIB,
 
Gedung Nusantara II DPR, Jakarta.

Sudirman Said mengaku pertama kali mendengarkan isi rekaman yang diberikan Maroef Sjamsoeddin soal pertemuan dengan Setya Novanto bersama staf khususnya Riza Suhendra.

Pukul 14.36 WIB, Gedung Nusantara II DPR, Jakarta.

Menteri Sudirman Said membenarkan jika angka 20 persen saham Freeport yang diminta diucapkan oleh Reza Chalid, pengusaha yang diajak Setya Novanto bertemu dengan petinggi perusahaan tambang itu.

Pukul 14.24 WIB,
 
Gedung Nusantara II DPR, Jakarta.

Sudirman Said mengaku tak punya bukti lain selain rekaman pembicaraan dan catatan soal pertemuan itu. Sudirman menyatakan ini menjawab pertanyaan pamungkas Anggota MKD Bakrie. Pertanyaan selanjutnya giliran Marsiaman Saragih.

Pukul 14.22 WIB, Gedung Nusantara II DPR, Jakarta.

Sudirman Said mengatakan percakapan antara Setya Novanto dengan Freeport bernuansa cawe-cawe. Menurut dia, cawe-cawe bukan hal yang disukai oleh Presiden Joko Widodo.

Pukul 14.14 WIB,
 
Gedung Nusantara II DPR, Jakarta.

Didahului interupsi Ridwan Bae, giliran Anggota MKD Bakrie bertanya kepada pengadu Sudirman Said. Pertanyaan masih seputar rekaman pembicaraan yang jadi bukti aduan Sudirman Said.

Pukul 14.10 WIB, Gedung Nusantara II DPR, Jakarta.

Sudirman Said mengaku telah mengutarakan pengetahuannya seputar pertemuan Setya Novanto dengan petinggi Freeport kepada Presiden Joko Widodo sebelum mengadukan ke MKD. Ia tak mau banyak komentar soal banyaknya nama Luhut Binsar Pandjaitan karena tak punya garis koordinasi dengan Luhut. "Atasan kami adalah Presiden," kata Sudirman.

Pukul 14.05 WIB, Gedung Nusantara II DPR, Jakarta.

Judgement professional diakui Sudirman Said jadi alasan melaporkan dugaan pelanggaran etik Setya Novanto.

Pukul 14.02 WIB, Gedung Nusantara II DPR, Jakarta.

Sudirman Said menyatakan bukti rekaman dia dapat dari Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsudin. Sudirman meminta rekaman itu setelah mendapat desakan publik, sekitar satu bulan sebelum dia melaporkan aduannya ke MKD.

Pukul 13.59 WIB,
 
Gedung Nusantara II DPR, Jakarta.

Sudirman Said tidak mengetahui validitas transkipsi rekaman utuh yang beredar di kalangan awak media. Namun dia menegaskan rekaman miliknya bisa dipertanggungjawabkan.

Pukul 13.57 WIB,
 
Gedung Nusantara II DPR, Jakarta.

Giliran Anggota MKD Akbar Faizal mencecar Sudirman Said. Akbar banyak menyoroti soal rekaman pembicaraan yang jadi bukti aduan Sudirman Said. 
Pukul 13.50 WIB, Gedung Nusantara II DPR, Jakarta.

Sudirman Said menjelaskan substansi percakapan dari isi rekaman. Sementara Syarifuddin Sudding meminta rekaman diputar untuk mengklarifikasi pernyataan Sudirman.

Pukul 13.48 WIB,
 
Gedung Nusantara II DPR, Jakarta.

Sudirman membantah pernah minta petunjuk atau arahan kepada Setya Novanto terkait Freeport.

Pukul 13.46 WIB, Gedung Nusantara II DPR, Jakarta.

Sudirman menyatakan pertemuan yang dilakukan Setya Novanto dengan Direktur Freeport berlangsung selama tiga kali. Bukti rekaman yang dia serahkan adalah isi percakapan yang ada di pertemuan ketiga.

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 15 Oktober 2017 06:50 wib
LIVE BULL DI CF88 AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !!
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru