riau24 Ini Bahaya Gunakan Oli Bekas pada Rantai Motor | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Tips Dan Trik

Ini Bahaya Gunakan Oli Bekas pada Rantai Motor

0
Bengkel sepeda motor (Foto: VIVAnews/Dian Wijanarko.)
Berita Riau -  Ini Bahaya Gunakan Oli Bekas pada Rantai Motor

Riau24.com - Usia rantai sepeda motor, biasanya akan lebih pendek apabila sering terkena air, debu serta minimnya perawatan. Air disebutkan dapat membuat rantai mengalami korosi dan debu dapat menyebabkan rantai cepat kendur.

Perawatan paling mudah untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah melumasi rantai motor dengan pelumas rantai yang kini telah banyak tersedia di pasaran.

Namun, rupanya banyak pengendara atau bengkel yang lebih memilih menggunakan oli mesin bekas untuk melumasi rantai. Padahal itu justru akan membuat usia pakai rantai menjadi semakin pendek bahkan tak jarang memicu kecelakaan.

"Penggunaan oli bekas itu tidak disarankan, karena dapat membuat rantai motor lebih cepat kendur dan melar. Sehingga lebih baik rantai motor itu menggunakan pelumas rantai dan hindari penggunaan oli bekas,” ujar Service Advisor R Series, Adit kepada VIVA.co.id, Selasa, 1 Desember 2015.

Selain itu, Adit juga menyebutkan bila penggunaan oli bekas dapat membuat komponen rantai cepat rusak. Sehingga, akan lebih baik bila pemilik kendaraan menghindari penggunaan oli bekas.

“Penggunaan oli bekas itu dapat merusak komponen-komponen yang ada dirantai, seperti O-ring. Sehingga rantai motor itu harus menggunakan pelumas tersendiri, seperti Chain Lube."

R24/rno/viv 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru