riau24 Kelompok Tani di Rohul Terima Hibah 165 Unit Alsintan | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Kelompok Tani di Rohul Terima Hibah 165 Unit Alsintan

0
Kepala Dinas TPH Rohul Mubrizal SP MMA
Berita Riau -  Kelompok Tani di Rohul Terima Hibah 165 Unit Alsintan

Rohul, Riau24.com - Pada tahun 2015, Dinas TPH Rohul telah menyalurkan 165 unit Alsintan kepada kelompok tani (Koptan) yang tersebar di 16 kecamatan se Rokan Hulu.
Alsintan yang diberikan secara hibah itu diserahkan secara simbolis oleh Bupati Rohul kepada perwakilan kelompok tani di Rohul. Seperti 49 unit handtraktor, Pompa Air sebanyak 31 unit, Power Threser 4 unit, Combine Harvester 7 unit, Cultivator sebanyak 2 unit, konseler alat pemipil jagung 1 unit, Rice Milling Unit (RMU) 1 unit, Hidro Tiller sebanyak 5 unit dan lainnya.

“Alsintan bantuan pemerintah dari Kementerian Pertanian, sudah kita serahkan kepada kelompok tani pangan di 16 kecamatan. Penggunaaan teknologi ini, untuk meningkatkan produksi padi, jagung dan kedele. Sistim hibah, kalau terjadi kerusakan, dibebankan kepada petani,’’ ungkap Kepala Dinas TPH Rohul Mubrizal SP MMA kepada wartawan, Rabu (2/12/2015) terkait penyaluran Alsintan.

Dia mengaku, untuk Alsintan Hand Traktor yang ada terhitung tahun 2007 sampai sekarang berjumlah 165 unit yang berada di kelompok tani. Dari jumlah Hand Traktor tersebut, bila dilihat dari luas lahan sawah yang ada di Rohul 2.137 hektar.

Maka dengan penggunaan alsintan dalam luas 10 hektar per 1 unit hand traktor, tidak mencukupi. ”Rohul masih kekurangan 120 unit hand traktor untuk kebutuhan petani dalam mengolah persawahannya.

Pemerintah daerah setiap tahun berupaya memperjuangkan ke Pusat, untuk menutupi kekurangan Alsintan bagi petani. Dengan harapan, penggunaan alsintan dapat meningkatnya hasil produksi pangan yang berdampak pada kesejahteraan petani di Rohul,” tuturnya.

R24/awa/ags

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru