riau24 Jangan Panik kalau Mesin Mati Setelah Menerjang Banjir | Berita Riau
Minggu, 11 Desember 2016

Tips Dan Trik

Jangan Panik kalau Mesin Mati Setelah Menerjang Banjir

0
Caption : Luapan Kali Ciliwung memutus jalur kendaraan di Jalan KH Abdullah Syafi'ie, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2014). Luapan kali mulai menggenangi permukiman dan memutus jalan sejak Senin dini hari. KOMPAS/AGUS SUSANTO
Berita Riau -  Jangan Panik kalau Mesin Mati Setelah Menerjang Banjir
Jakarta, Riau24.com - Level intensitas curah Hujan di Jabodetabek akhir-akhir ini mulai tinggi. Bahkan, di sejumlah daerah, sudah banyak genangan air yang berpotensi membahayakan pengendara sepeda motor dan mobil.

Di Jakarta ini, tak sedikit kendaraan yang terjebak banjir. Jika kedalaman banjir sudah melebihi tinggi knalpot, mobil tersebut biasanya akan mogok. Dalam kondisi seperti ini, ada langkah-langkah yang harus dilakukan jika Anda mau kendaraan tetap selamat dari kerusakan parah.

Rifat Sungkar, pebalap nasional sekaligus pendiri Rifat Drive Labs (RDL), menganjurkan untuk jangan pernah mencoba menyalakan mesin yang mati gara-gara menerjang banjir.

"Kalau Anda mengerti tentang mobil, hal pertama yang wajib dilakukan adalah membuka filter udara. Periksa, kalau sudah basah, mesin jangan dinyalakan. Akan tetapi, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, meskipun filter kering, tetap hindari menghidupkan mesin. Pokoknya, alasan apa pun, jangan," kata Rifat di Pulomas, Jakarta Timur, Sabtu (14/11/2015) lalu.

Jika mesin mati setelah mobil menerobos banjir, itu tandanya ada masalah. Yang paling rentan adalah bagian kelistrikan kendaraan. Air yang bersinggungan dengan komponen yang teraliri listrik pasti akan korslet. Sebaiknya, dorong mobil sampai ke tempat yang sekiranya aman.

"Jadi, sebaiknya coba nyalakan kembali setelah tiga atau empat hari. Jika ada sinar matahari, mobil harus dijemur untuk mengeringkan bagian yang basah akibat banjir. Kalau mau, ganti oli atau semua cairan yang ada. Setelah dua hari, baru nyalakan mesinnya," ujar Rifat.

R24/rno/kom 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam