riau24 JMGR Taja Bimtek Kegiatan KLHK RI di Kepulauan Meranti | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

JMGR Taja Bimtek Kegiatan KLHK RI di Kepulauan Meranti

0
Isnadi Esman S.Pd saat menberi pemapatan tentang JMGR dan Bimtek kepada peserta komunitas masyarakat Meranti.
Berita Riau -  JMGR Taja Bimtek Kegiatan KLHK RI di Kepulauan Meranti

Meranti, Riau24.com - Organisasi Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR) melaksanakan kegiatan "Bimbingan Teknis (Bimtek) Kegiatan Kementrian Lingkungan dalam Rangka Peningkatan Kapasitas Masyarakat, Penguatan Jejaring dan Kemitraan untuk Penyelamatan Sumber Daya Alam (SDA) dan Ekosistem di Daerah Gambut Riau". Dimana kali ini JMGR berkerjasama dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI).

Kegiatan ini diadakan guna untuk mendorong terbentuknya komunitas masyarakat dan meningkatkan kapasitas pengetahuan masyarakat terhadap lingkungan dan kemasyarakatan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang Kampus Nanda Al Mushoffa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Meranti di jalan Kondur Desa Bagan Melibur, Kamis (3/12/2015) sore.

Salah seorang pembicara dalam kegiatan tersebut, Ketua Yayasan Putra Meranti, Tugiman, S.Pd.I dalam pemaparannya menyebutkan, kegiatan ini diadakan untuk membentuk suatu komunitas masyarakat khusus di Kabupaten Kepulauan Meranti yang kedepan diharapkan mampu memanfaatkan SDA khususnya di wilayah gambut secara arif.

Ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam pemanfaatan hasil SDA di tanah Gambut Kepulauan Meranti khususnya yang nantinya mampu membantu masyarakat dalam menjawab kebutuhan masing-masing di Pedesaannya. Pertemuan ini merupakan suatu awal pertemuan kita semua untuk sama-sama berpikir dan bekerjasama menyusun program guna kemajuan daerah kedepan lebih baik, ungkap Iman.

Hal senada juga diungkapkan Sekretaris Jendral (Sekjen) JMGR, Isnadi Esman, S.Pd menuturkan bahwa kegiatan ini diisi dengan kegiatan mengenalkan secara lebih dalam tentang organisasi JMGR kemudian mengenai program Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta pentingnya komunitas di dalam lingkungan masyarakat.

Komunitas itu merancang rencana kerja dari masing-masing komunitas yang itu akan kita sinergikan dengan berbagai program baik itu dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemkab Kepulauan Meranti bahkan di Desa mereka masing-masing nantinya, ujar pemuda gagah berkacamata itu.

Kita disini membuka forum diskusi dan membuat gagasan secara bersama kira-kira apa yang akan kita lakukan untuk menjawab semua kebutuhan masyatakat di perdesaan maupun Kecamatan. Mulai dari program Pertanian, Kelautan, dan Perternakan dimana itu diharapkan mampu membantu masyarakat dalam memberi informasi kepada komunitas ini nantinya.

Oleh sebab itu, diharapkan kegiatan ini mampu memberi nilai tambah kepada masyarakat kita dalam meningkatkan SDM yang handal dalam menyongsong perkembangan dan kemajuan daerah nnnti kedepan lebih baik lagi sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat, ujar peria yang akrab disapa sehari-hari Didi itu.

Untuk diketahui, pogram tersebut dibuat sesuai dengan kebutuhan dan sekala prioritas masing-masing komunitas yang tentunya berdampak terhadap kepentingan masyarakat banyak dan mampu berbagi informasi secara menyeluruh mengenai program JMGR, program Pemerintah Pusat sampai Pemerintah Perdesaan kedepan kepada seluruh komunitas yang akan kita bentuk ini, ungkap Didi.

R24/awa/ndi

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru