riau24 Ilmuwan: Isi Otak Wanita dan Pria Ternyata Sama | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Ilmuwan: Isi Otak Wanita dan Pria Ternyata Sama

0
Isi otak antara pria dan wanita yang selama ini dikira berbeda, ternyata sama (Thinkstock/karelnoppe)
Berita Riau -  Ilmuwan: Isi Otak Wanita dan Pria Ternyata Sama
Jakarta, Riau24.com - Beberapa ilmuwan baru saja melakukan penelitian yang membuktikan bahwa ternyata otak pria dan wanita pada dasarnya tidak berbeda.

Tim ilmuwan yang dipimpin oleh Daphna Joel, profesor psikologi dari Tel-Aviv University, Israel, melakukan penelitian dengan melakukan pemindaian otak dari sekitar 1.400 pria dan wanita. Mereka menemukan bahwa pada dasarnya otak manusia memiliki 'mosaik' unik, di mana terdapat fitur-fitur unik yang cenderung lebih mengarah kepada karateristik pria atau wanita.

MRI dilakukan untuk melihat bagaimana karateristik otak, mulai dari banyaknya materi putih dan abu-abu hingga kekuatan koneksi otak. Kemudian, ilmuwan melakukan analisis yang berfokus untuk melihat sifat yang menunjukkan perbedaan terbesar antara pria dan wanita, kemudian membaginya menjadi zona yang didominasi oleh pria, zona yang didominasi oleh wanita, dan zona menengah.

"Kami melihat ada perbedaan, namun otak pria dan wanita pada dasarnya tidak berbeda. Perbedaan yang Anda lihat adalah perbedaan rata-rata, di mana setiap orang memiliki mosaik yang unik," kata Joel.

Ilmuwan menemukan sebuah daerah yang disebut otak internal konsisten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh bagian otak mungkin memiliki kecenderungan 'sifat wanita' atau 'sifat pria' hanya sebesar 0-8 persen, sedangkan otak yang memiliki kecenderungan kedua sifat pria dan wanita memiliki persentase 23 – 53 persen.

"Jenis kelamin tidak mempengaruhi otak, namun mempengaruhi bagaimana otak bergantung pada faktor-faktor lainnya. Dampak jenis kelamin bisa saja berbeda dan bahkan terbalik pada kondisi tertentu. Inilah yang menyebabkan mengapa seseorang bisa menjadi sangat maskulin atau feminin," ungkap Joel.

Mengutip dari The Guardian, hasil penelitian yang dipublikasikan pada National Academy of Sciences ini menjadi sebuah kontradiksi terhadap asumsi lama bahwa pria berasal dari Mars dan wanita berasal dari Venus.

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru