riau24 Polresta Siagakan Water Cannon dan 300 Polisi | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Buntut Rusuh Kongres HMI

Polresta Siagakan Water Cannon dan 300 Polisi

0
Waka Polresta Pekanbaru, AKBP Sugeng Putut Wicaksono
Berita Riau -  Polresta Siagakan Water Cannon dan 300 Polisi
Pekanbaru, Riau24.com - Untuk kesekian kalinya pelaksanaan dari Kongres HMI ke-29 di Pekanbaru diwarnai kerusuhan. Sepert yang terjadi di GOR Gelagang Remaja, Jumat (4/12/15) subuh. Maka itu, disikapi aparat kepolisian dengan berjaga-jaga.
 
Dimana, jajaran Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pekanbaru, sudah menyiapkan satu unit kendaraan water cannon yang tujuanya demi meamankan kongres HMI. Hal ini, berlokasi di Gelanggang Olahraga Remaja Pekanbaru yang menjadi titik lokasi kongres diperpanjang, hingga disaat ini.
 
"Kita mensiagakan dilokasi, Water Cannon dan mengerahkan itu 300 personil polisi, yang diperkiat oleh petugas Brimob Polda Riau dalam meamankan agenda pelaksanaan kongres diperpanjang itu," ungkap Wakil Kepala Polresta Pekanbaru, AKBP Sugeng Putut Wicaksono, Sabtu (5/12/2015).
 
Sugeng menyebutkan, itu ketika ditemui di lokasi pengamananya kongres HMI tersebut. Dikatakan bahwa, penempatan personil dan water canon disana, buntut rusuh terjadi Sabtu (5/12/2015) dinihari. Hal ini untuk mengantisipasi akan yang tidak diinginkan terjadi pada saat kongres. 
 
"Hanya satu unit kendaraan water cannon dan untuk mengamankan kongres HMI tersebut. Disiapkan ini setelah terjadi kericuhan yang berakibat aksi anarkis. Dalam hal upaya pengamanan ini, juga kami kerahkan satu unit mobil tahanan dan serta kendaraan taktis untuk pengamanan," ujarnya.
 
Meski demikian, katanya, diharap kongres HMI pada hari terakhir ini dapat berjalanya dengan kondusif dan tidak menimbulkan kericuhan lagi. Tetapi disini katanya, aparat kepolisian berupaya minimalisasi masuknya ada gangguan dengan memperketat itu akses masuk ke dalam gedung.
 
Diketahu, sebelumnya pada pukul 03.20 WIB dinihari, kongres HMI sempat mengalami kericuhan dan ketika itu kerusuhan terjadi antara rombongan HMI Indonesia Timur.
Kejadian itu berawal disaat sidang kongres HMI, dimana peserta itu tidak setuju pimpinan sidang saat pengesahan komisi.
 
Kerusuhan tidak terkendali disaat sejumlah massa yang melakukan provokasi dengan ada melempar kursi. Bahkan kericuhan ini terjadi hingga melebar ke Jalan Jendral Sudirman. Aksi massa itu sendiri berhasil ditertibkan saat ratusan petugas kepolisian yang memukul mundur massa.
 
Diketahui juga, HMI ini menggelar kongres ke-29 di Kota Pekanbaru sejak 22 Oktober 2015. Awalnya kongres direncanakan hingga 26 Oktober 2015, namun hingga kini kongres masih saja terus berjalan
yang ada penambahan hari. Dan sejak kongres digelar, terus rusuh hingga penutupan.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru