riau24 Jangan Lakukan Hal Ini, Agar Karpet Tetap Awet | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Jangan Lakukan Hal Ini, Agar Karpet Tetap Awet

0
Karpet tidak memerlukan perawatan yang tinggi seperti kebanyakan orang pikirkan.
Berita Riau -  Jangan Lakukan Hal Ini, Agar Karpet Tetap Awet

Riau4.com - Karpet tidak memerlukan perawatan intensif. Namun, karpet tetap memerlukan beberapa perawatan dan apa yang harus dihindari.

Untuk melindungi karpet Anda dan memastikannya tetap tampak indah untuk waktu yang lama, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan.

1. Digosok

Ketika Anda menumpahkan sesuatu ke atas karpet, Anda pasti refleks ingin membersihkannya dengan cara menggosok atau menyikat.

Menggosok dengan kuat, justru tidak membantu. Terlebih pada kenyataannya, hal tersebut mungkin akan membahayakan karpet Anda.

Karpet terbuat dari serat yang telah disimpul bersama untuk meningkatkan kekuatan mereka.

Simpulan ini kemudian "terkunci". Dengan menggosok kuat-kuat serat, ini malah menimbulkan risiko kehancuran "kunci" tersebut dan membuat serat terpisah atau mekar.

Jika sudah mekar, akan menyebabkan munculnya sebidang serat terlihat berantakan. Hal ini tentu membuat karpet tampak lebih buruk terkena noda tumpahan.

Jadi, saat membersihkan tumpahan dari karpet Anda, yang terbaik adalah memperlakukannya secara lembut, yaitu mengisap noda di daerah karpet yang terkena tumpahan dengan menggunakan tisu atau kertas hisap.

2. Menggunakan pembersih non-karpet

Satu-satunya jenis produk pembersih yang harus Anda gunakan agar karpet bersih adalah pembersih yang memang dirancang khusus untuk karpet.

Sabun cuci piring cair dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada karpet, tapi harus sangat diencerkan terlebih dahulu.

3. Menggunakan sepatu

Melepaskan sepatu di pintu adalah salah satu cara termudah dan paling efektif yang dapat dilakukan untuk karpet Anda. 

Tidak hanya akan mengurangi kotoran dan tanah dari dunia luar, Anda juga akan menghindari munculnya residu kimia.

Jika Anda memiliki hewan peliharaan yang terbiasa pergi ke luar, pertimbangkan untuk menyeka kaki mereka saat datang kembali, sebelum melewati pintu masuk.

4. Menggeser perabotan

Menyeret furnitur Anda di karpet mungkin cara termudah untuk memindahkannya dari titik A ke titik B. Tetapi, hal ini juga salah satu cara termudah untuk menyebabkan riak di karpet Anda.

Selalu angkat perabotan dari karpet sebelum dipindahkan. Jika perabot terlalu berat untuk diangkat, tempatkan selembar kayu lapis di atas karpet dan angkat perabot ke atasnya, kemudian geser. 

Jika kayu pertama tidak cukup mencapai titik perabot yang akan dipindahkan, tempatkan lembar kayu lapis kedua di depan yang pertama dan geser perabot melalui permukaannya.

Ketika perabot sepenuhnya ada lembar kedua, gunakan potongan pertama kayu lapis lagi di depan kayu lapis kedua. Ulangi terus cara ini sampai furnitur seluruhnya dipindahkan.

5. Dipaparkan di bawah sinar matahari terlalu berlebihan

Kebanyakan karpet perumahan dalam ruangan tidak luntur, yang berarti bahwa mereka dapat dan akan memudar karena usia, pemakaian, dan sinar matahari langsung yang kuat.

Jika sinar matahari mengenai langsung karpet, sebaiknya ambil beberapa tindakan pencegahan kecil agar tidak cepat memudar. 

Umumnya, hal ini dapat dicapai hanya dengan menutup tirai atau gorden selama jam sinar matahari berada di puncak panasnya.

Pilihan lain jika Anda membeli karpet untuk ruang dengan sinar matahari langsung yang luas adalah memilih karpet yang tahan pudar. 

Nylon memiliki sifat mudah pudar relatif rendah. Triexta memiliki sifat pudar sangat tinggi.

Memilih jenis serat karpet yang tepat, dapat membantu menjaga karpet Anda hingga tahun-tahun mendatang.

R24/rno 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru