riau24 Rekayasa Langit-langit Bikin Rumah Tampak Lebih Luas | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Rekayasa Langit-langit Bikin Rumah Tampak Lebih Luas

0
Langit-langit.
Berita Riau -  Rekayasa Langit-langit Bikin Rumah Tampak Lebih Luas

Riau24.com - Menurut desainer interior Angelo Donghia, langit-langit merupakan bagian integral yang bisa menciptakan ruang penuh estetika dan fungsional.

Arsitek-arsitek besar di beberapa abad terakhir telah menemukan permukaan yang menarik untuk dihiasi.

Secara sederhana, ketika langit-langit dihias, nilai rumah meningkat. Selain keuntungan estetika, setidaknya ada lima cara kunci di mana langit-langit dapat secara fungsional ditingkatkan.

1. Menentukan lokasi

Dengan hanya dekorasi atau mengukir beberapa bagian definitif langit-langit, desainer dapat menciptakan ruang yang jelas berbeda.

Sementara daerah yang baru didefinisikan akan terlihat berbeda hanya pada langit-langit, desain akan berdampak pada daerah sekitarnya, memengaruhi perbedaan.

Perasaan transformatif ini adalah hasil dari mendefinisikan ulang ruang dan mengubahnya menjadi lobi masuk, lorong, dan ruang makan.

Jadi, dengan perangkat tambahan arsitektur sederhana untuk langit-langit, Anda memiliki jenis baru ruang.

Misalnya, jika Anda memiliki ruang tamu yang tidak terdeskripsi, ukir sebagian kecil di langit-langit kira-kira sekecil 6 inchi ke dalam betuk persegi atau bulat untuk membuat perbedaan ketinggian.

Perubahan sederhana ini akan menentukan sehingga menjadi lokasi yang lebih berbeda.

Anda juga dapat meningkatkan deskripsi ruang ini dengan menambahkan unsur-unsur lain, seperti cermin, atau lampu gantung.

2. Menyediakan cahaya

Langit-langit yang mencakup efek pencahayaan khusus, seperti pencahayaan coakan (cove lighting), bisa menambahkan hangat dan menciptakan aura elegan pada ruang.

Di samping menempatkan lampu kandil yang indah, Anda bisa membuat efek cahaya yang lebih halus seperti pencahayaan coakan.

Pencahayaan ini membangkitkan perasaan tenang, halus, dan menambahkan rasa hangat ke suatu daerah.

Pada pencahayaan coakan, lampu secara perlengkapan atau peralatan lainnya tersembunyi dari pandangan, namun cahaya muncul dari dalam bagian tersembunyi dari langit-langit. 

Pencahayaan seperti ini menciptakan sinar halus yang menyala di langit-langit.

Biasanya ditempatkan di sekeliling ruang, cahaya yang mendorong ke atas yaitu bidang langit-langit, dengan sinar kuat dari arah sumber cahaya dan lebih lembut di tengahnya.

Selain lampu putih sederhana, efek berwarna dapat dicapai melalui film atau lampu berwarna, misalnya biru, hijau, kuning, atau warna apa saja.

Cara lainnya, Anda bisa menempatkan lampu di soffit dan strip lampu di atas soffit dapat membuat sebuah susuan yang menarik.

3. Meningkatkan perasaan luas pada ruang

Merasa langit-langit Anda terlalu rendah? Dengan hanya menjatuhkan atau mengangkat sebagian dari bidang langit-langit sekitar 6 inchi atau lebih, Anda dapat memberikan ilusi bahwa bagian dari ruang keseluruhan jauh lebih tinggi dari sebelumnya.

Meningkatkan atau menurunkan ketinggian langit-langit di satu lokasi tertentu juga dapat mendefinisikan ruang terpisah.

Misalnya, Anda ingin menciptakan ruang tamu dengan langit-langit bernuansa megah sehingga terlihat lebih tinggi daripada yang sudah ada.

Cukup menurunkan sebagian dari langit-langit yang terletak tepat di luar ruangan itu, baik itu lorong atau ruangan lainnya.

4. Membagi sirkulasi

Dengan mengukir langit-langit dalam bentuk tertentu, Anda dapat mengarahkan aliran dan sirkulasi ruang. Tampilan visual entri oval atau bulat dapat mengarahkan Anda pada jalur tertentu.

Langit-langit rotunda atau berbentuk lingkaran, menawarkan sirkulasi lembut, ruang, dan akses terbuka ke beberapa daerah yang berbeda. 

Sementara struktur langit-langit persegi atau persegi panjang lebih runcing dalam memberitahu Anda ke mana harus diarahkan.

Langit-langit segi delapan menawarkan privasi. Langit-langit ini memungkinkan untuk pintu untuk masuk ke dalam ruang yang berdekatan, tetapi masih menjaga area utama terbuka dan mengalir.

Apapun bentuk langit-langit akan membangkitkan perasaan perjalanan melalui kurva dan sudut ke ruang depan. Anda akan "merasa" langit-langit bergerak bersama atau mengarahkan Anda.

5. Meningkatkan estetika

Membuat ornamen yang indah di langit-langit meningkatkan penampilan keseluruhan sebuah bidang dinyatakan datar. 

Perhiasan estetik dapat dicapai dalam berbagai cara pencampuranapplique, warna, dan hiasan lainnya.

Pencampuran applique memberikan nuansa geometris elegan untuk ruang. Anda dapat menerapkan pencampuran dekat langit-langit atau lebih rendah di sekeliling pembukaan langit-langit.

Anda juga bisa melukis bagian dari langit-langit dengan warna yang berbeda atau menerapkan beberapa jenis teknik cat dekoratif. 

Menambahkan warna adalah cara murah untuk membedakan ruang. Emas adalah alternatif warna mewah yang indah.

Selain itu, Anda dapat menambahkan plester interior hias dengan pola atau warna mencerahkan permukaan atas langit-langit.

Plester interior dekoratif ini menambahkan perhatian visual dan membagi ruang ke daerah-daerah fungsional yang berbeda.

R24/rno 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru