riau24 Giliran Setya Novanto Dicecar Yang Mulia MKD | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Giliran Setya Novanto Dicecar Yang Mulia MKD

1
Ketua DPR Setya Novanto akan diperiksa sidang Mahkamah Kehormatan Dewan terkait pertemuannya dengan bos PT Freeport Indonesia. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Berita Riau -  Giliran Setya Novanto Dicecar Yang Mulia MKD
Jakarta, Riau24.com - Hari ini, Ketua DPR, Setya Novanto dihadapkan ke depan sidang 'yang mulia' Mahkamah Kehormatan Dewan. Kesempatan ini ditunggu banyak pihak, sebab Setya belakangan tak banyak wira wiri di hadapan publik. 

Setya diadukan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said. Ia dinilai melanggar etik.

Kami, CNNIndonesia.com melaporkan secara langsung sidang MKD yang menyidik perkara keterlibatan Setya dalam gulungan rekaman pencatutan nama presiden dan wakilnya atas saham Freeport. Dua wartawan kami, Gilang Fauzi dan Abi Sarwanto melaporkan langsung dari Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta.

Berikut laporan langsungnya dari Gedung DPR, RI, Senayan, Jakarta:

Pukul 15.35 WIB, Mahkamah Kehormatan Dewan 

Anggota pendatang baru MKD, Dimyati Natakusumah menyatakan sidang digelar secara tertutup untuk menghormati Setya Novanto selaku teradu. Setya menurut Dimyati menghendaki sidang tidak digelar secara terbuka.

"Karena sudah begitu ketentuannya. Kami hormati teradu, dan itu disepakati oleh MKD," ujar Dimyati.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan itu enggan menjelaskan secara rinci materi persidangan kali ini. "Kalau tertutup, tidak boleh terbuka," kata dia. Dimyati menegaskan sidang kali ini dipimpin oleh Wakil Ketua MKD Kahar Muzakir.

Pukul 15.25 WIB, Mahkamah Kehormatan Dewan 

Di sela jeda skors persidangan, Anggota MKD Guntur Sasono menyatakan persidangan pada intinya mendengarkan pembelaan Setya selaku pihak teradu.

"Beliau kurang bisa menerima apa yang disampaikan pengadu, sehingga beliau mencoba membela karena beliau punya hak membela diri," ujar Guntur.

Menurut politikus Partai Demokrat ini, Setya mempersoalkan keabsahan rekaman yang menjadi alat bukti aduan Menteri ESDM Sudirman Said. Dia pun menyangsikan posisi hukum Said selaku pengadu. Guntur tidak memberikan alasan jelas mengapa gelaran sidang dilaksanakan secara tertutup.

Pukul 15.15 WIB, Mahkamah Kehormatan Dewan 

Sidang diskors. Setya terlihat keluar dan langsung masuk ruang tunggu MKD. Sejumlah Anggota MKD terlihat keluar namun mereka enggan memberi keterangan kepada awak media yang memburu dengan beragam pertanyaan.

Pukul 15.05 WIB, Mahkamah Kehormatan Dewan 

Sidang pelanggaran etika Mahkamah Kehormatan Dewan dengan teradu Ketua DPR Setya Novanto diselenggarakan secara tertutup sejak 45 yang lalu.

Pukul 15.00 WIB, Mahkamah Kehormatan Dewan 

Menurut Roem Kono, sidang etik Setya Novanto dipimpin oleh Wakil Ketua MKD dari Fraksi Golkar Kahar Muzakir.

Pukul 14.55 WIB, Mahkamah Kehormatan Dewan 

Politikus Partai Golkar yang sempat menemani Setya di ruang tunggu MKD, Roem Kono, menyatakan sidang etik koleganya sudah dimulai sejak 30 menit yang lalu.

Pukul 14.50 WIB, Mahkamah Kehormatan Dewan 

Satu jam berselang sejak Setya mendatangi arena persidangan, pintu ruang sidang MKD masih tertutup rapat dengan pengawalan ketat.Seorang pengunjung yang kebetulan melihat keriuhan awak media berkelakar, "Sidang ini ibarat final piala dunia. Posisi sekarang sedang imbang. Di dalam ini lagi adu penalti menentukan siapa yang menang. Kemungkinan nanti hasilnya imbang juga. Semua pulang, semua senang."

Pukul 14.40 WIB, Mahkamah Kehormatan Dewan 

Berdasarkan informasi yang diperoleh kru TV Parlemen, gelaran sidang kali ini tidak diperkenankan untuk direkam. "Biasanya kalau tidak live, kami tapping. Tapi sekarang kami tidak diperbolehkantapping," ujar sumber TV Parlemen kepada CNN Indonesia.
Pukul 14.30 WIB, Mahkamah Kehormatan Dewan

Puluhan personel Pamdal tambahan dikerahkan untuk memastikan keamanan sang pemimpin parlemen sekaligus teradu pelanggaran etika Setya Novanto. Sumber pantauan ruang sidang berupa monitor televisi masih terputus.
 
Pukul 14.26 WIB, Mahkamah Kehormatan Dewan

Dari informasi yang diperoleh, Setya Novanto saat ini sudah berada di ruang sidang MKD. Namun untuk detail apa yang terjadi di dalam ruang sidang belum dapat diketahui karena monitor televisi yang biasa dipakai untuk memantau belum hidup.

Pukul 14.22 WIB, Mahkamah Kehormatan Dewan

30 menit berlalu sejak Setya mendatangi arena persidangan MKD. Sementara wartawan masih menunggu kabar dari di dalam ruang sidang. Setya saat ini masih berada di dalam ruang tunggu MKD. Sementara majelis sidang MKD masih menggelar rapat internal tertutup. Belum dapat dipastikan apakah persidangan nantinya akan dibuka secara terbuka atau tertutup.
Pukul 14.17 WIB, Mahkamah Kehormatan Dewan

Ruang sidang MKD masih tertutup dengan penjagaan berlapis dari petugas Pamdal DPR dan kepolisian. Berdasarkan pantauan di lapangan, Setya Novanto masih berada di dalam ruang tunggu MKD. Belum dapat dipastikan, persidangan akan dimulai pukul berapa, karena akses ke dalam ruang sidang tidak ada. Wartawan dan juru foto masih menunggu di depan ruang sidang MKD.

Pukul 14.06 WIB, Mahkamah Kehormatan Dewan

Setya Novanto saat ini berada di ruang tunggu MKD. Wartawan masih belum bisa mengakses pemberitaan dari dalam ruang sidang karena putusnya koneksi siaran di monitor yang selama ini jadi sumber pantauan ruang sidang.

Pukul 13.56 WIB, Mahkamah Kehormatan Dewan

Awak media, terutama juru foto dan kamera masih berusaha masuk ke ruang sidang untuk sekadar mengabmil gambar. Ruang sidang dijaga ketat petugas keamanan.
Pukul 13.53 WIB, Mahkamah Kehormatan Dewan

Setelah Setya masuk ruang sidang MKD, monitor 60 inci yang ada di luar arena sidang mendadak mati. Koneksi pemberitaan dengan peristiwa yang terjadi di dalam ruang sidang untuk sementara terputus. Monitor ini yang biasa dipakai awak media memantau jalannya sidang.

Pukul 13.52 WIB, Mahkamah Kehormatan Dewan

Setya datang dari arah yang tidak diduga awak media yang sudah menanti kedatangannya di eskalator lantai 2 Gedung Nusantara II. Mengenakan kemeja putih berbalut jas hitam. Lokasi yang sedianya digelar untuk konferensi pers menjadi semacam pengelabuan untuk mengalihkan perhatian awak media terhadap kedatangannya. 

Alih-alih memberikan pernyataan singkat, Novanto memilih untuk langsung menjurus masuk ke ruang sidang MKD. Tak seperti biasanya, pengawalan kali ini terlihat lebih ekstra. Puluhan petugas pengamanan dalam (Pamdal) DPR dikerahkan untuk memberi ruang jalan sang pemimpin parlemen.

Pukul 13.50 WIB, Mahkamah Kehormatan Dewan

Sidang terlambat karena menunggu Setya Novanto salat dhuhur. Dari informasi salah seorang anggota MKD, Setya masuk ke ruang MKD lewat pintu lain yang tak biasa dipakai.

Pukul 13.40 WIB, Mahkamah Kehormatan Dewan

Beberapa Anggota MKD sudah masuk ke ruang sidang. Namun Ketua DPR Setya Novanto selaku teradu belum juga nampak. Monitor televisi yang biasa digunakan untuk memantau suasana ruang sidang oleh para awak media juga mati.

Pukul 13.30 WIB, Mahkamah Kehormatan Dewan

Setya Novanto belum juga terlihat datang. Ruang MKD masih kosong, belum satupun anggota Mahkamah Dewan menempati kursinya. Petugas keamanan dalam DPR membuat pagar betis untuk mengawal jalannya sidang. 

Pukul 13.20 WIB, 
Mahkamah Kehormatan Dewan

Teradu Ketua DPR Setya Novanto belum terlihat datang di ruang Mahkamah Kehormatan Dewan di Gedung Nusantara II, DPR. Puluhan petugas kepolisian dan pengamanan dalam DPR terlihat menjaga ketat. Ruang sidang MKD juga terlihat tertutup.

Pukul 12.55 WIB, 
Mahkamah Kehormatan Dewan

Sebelum dimulai persidangan, anggota MKD Syarifuddin Sudding angkat bicara. Politikus Partai Hanura itu menyatakan masih tetap pada pendiriannya agar sidang kali ini terbuka untuk umum. Hal ini dikarenakan, pada dua kali persidangan sebelumnya, dilakukan terbuka untuk umum.

Sudding mempertanyakan urgensi kepada pihak yang menginginkan proses sidang tertutup untuk umum. Menurutnya, sidang terbuka merupakan ruang yang baik untuk Setya Novanto untuk mengklarifikasi hal-hal yang sudah disampaikan Sudirman Said dan Maroef Sjamsoeddin secara terbuka

Pukul 12.45 WIB, Di ruang Mahkamah Kehormatan Dewan

15 menit jelang sidang Ketua DPR, Setya Novanto, beberapa anggota Mahkamah Kehormatan Dewan, seperti anggota pendatang baru dari PPP, Achmad Dimyati Natakusumah, yang menggantikan Zainut Tauhid, tampak sudah memasuki ruangan.

Sedangkan, suasana di luar ruang sidang, awak media masih menunggu kehadiran Setya Novanto. Petugas pengamanan dalam (Pamdal) DPR bersama kepolisian membuat pagar betis di luar ruang sidang.

R24/rno
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 15 Oktober 2017 06:57 wib
LIVE BULL DI CF88 AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !!
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru