riau24 Bank BNI Tawarkan Kemudahan Bagi Pembeli Rumah | Berita Riau
Selasa, 19 Desember 2017

Bank BNI Tawarkan Kemudahan Bagi Pembeli Rumah

0
Berita Riau -  Bank BNI Tawarkan Kemudahan Bagi Pembeli Rumah

Riau24.com - Turunnya minat membeli rumah di saat pelemahan ekonomi Tanah Air, disikapi pihak perbankan dengan menawarkan beragam kemudahan. Tujuannya, tak lain agar konsumen—yang mayoritas end-user—tak ragu lagi membeli rumah.

Indomora Harahap, Deputy Division Head Consumer & Retail Lending Bank BNI menuturkan, pada dasarnya produk KPR (kredit pemilikan rumah) di setiap bank sama saja. Hal yang membedakan adalah kecepatan proses pelayanan, jalur distribusi, harga (bunga KPR), dan hubungan bank dengan developer.

“Biasanya pembeli perumahan pasif. Mereka mencari informasi perumahan dari developer. Jadi, developer juga men-drive penjualan,” katanya kepadaRumah.com.

Indomora mengatakan, BNI memosisikan menawarkan proses yang cepat dan pricing yang kompetitif. Untuk bunga KPR reguler yang belaku saat ini 9,5% fix satu tahun dan 10,5% fix dua tahun.

“Selain itu, BNI juga memiliki produk KPR Griya Merdeka yang diluncurkan untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-70 pada 17 Agustus 2015 lalu. Produk ini menawarkan bunga KPR 8,45% fix tiga tahun, sementara bea provisi dan administrasi didiskon 70%,” terang Indomora.

Ternyata respon pasar terhadap produk KPR tersebut sangat baik, imbuhnya. Bahkan, sales volume KPR BNI bisa mencapai dua kali lipat dibanding sebelum program ini dirilis. Melihat kondisi tersebut, program KPR ini pun dilanjutkan hingga kini dengan nama KPR Griya Bunga 8,45%.

Di sisi lain, jelas Indomora, proses persetujuan KPR pun diperhatikan. “Kami menerapkan proses instant approval khusus untuk rumah primary. Jika konsumen mengajukan permohonan di bawah jam 12 siang, jam 5 sore sudah harus putus,” jelasnya.

Proses ini hanya bisa dilakukan di sekitar 30 developer pilihan, dari 300 developer yang telah bekerjasama dengan BNI. “Konsumen cuma perlu KTP, SPR (surat pemesanan rumah), NPWP (nomor pokok wajib pajak), kemudian kami lakukan BI checking,” ujar Indomora.

Rumah Sekunder dan Reward Broker
Selain rumah primer, BNI juga membiayai pembelian rumah sekunder (secondary house) dengan porsi sekitar 40% dari total pembiayaan KPR Bank BNI.

“Untuk KPR rumah second, perlakuannya sama dengan KPR rumah baru, proses dan tarif sama. Hanya saja persyaratannya berbeda, harus lebih rigit, karena harus diverifikasi lebih dalam, baik rumah maupun customer-nya,” paparnya.

Permintaan KPR secondary Bank BNI umumnya masih berasal dari agen properti. Untuk itu, BNI juga menyediakan rewardbagi para broker tersebut.

Untuk transaksi minimal Rp1,5 miliar, reward bulanan bagi broker berupa voucher belanja Rp1,5 juta. Untuk transaksi Rp10 miliar dalam enam bulan, reward berupa perjalanan ke Turki dan Australia. Sementara itu, principal juga bisa mendapatkan reward dengan total satu kilogram emas batangan untuk transkasi minimal Rp25 miliar dalam enam bulan.

R24/rno 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru