riau24 Menteri ESDM Tetapkan Harga BBM Berubah Tiap Tiga Bulan | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Menteri ESDM Tetapkan Harga BBM Berubah Tiap Tiga Bulan

0
Dalam menetapkan harga, tiga faktor yang dipertimbangkan pemerintah adalah keuangan negara, daya beli, dan ekonomi riil dan sosial masyarakat. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana).
Berita Riau -  Menteri ESDM Tetapkan Harga BBM Berubah Tiap Tiga Bulan
Jakarta, Riau24.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said memutuskan harga jual eceran bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar dan minyak tanah serta harga BBM penugasan jenis premium ditetapkan setiap tiga bulan sekali. Keputusan tersebut dituangkan Sudirman dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 39 Tahun 2015 tentang Perhitungan Harga Jual Eceran BBM.

Aturan yang diteken Sudirman pada 9 November 2015 tersebut praktis sudah berlaku dan menggantikan aturan sebelumnya bernomor 39 Tahun 2014 yang menyebut harga BBM ditentukan oleh Menteri ESDM setiap bulan.

“Harga jual eceran jenis BBM tertentu ditetapkan setiap tiga bulan, atau apabila dianggap perlu Menteri dapat menetapkan lebih dari satu kali dalam setiap tiga bulan,” ujar Sudirman dalam aturan yang salinannya diperoleh CNNIndonesia.com, Selasa (8/12/2015).

Sudirman menyatakan dalam menetapkan harga jual eceran tersebut, pemerintah mempertimbangkan tiga hal yaitu: kemampuan keuangan negara atau situasi perekonomian, kemampuan daya beli masyarakat, dan ekonomi riil dan sosial masyarakat.

Harga Baru Januari

Dengan diundangkannya aturan baru tersebut, maka penetapan harga terbaru BBM bersubsidi maupun penugasan seharusnya dilakukan pemerintah pada 10 Januari 2016. Sebab, pemerintah terakhir kali menetapkan harga BBM pada 10 Oktober 2015 berbarengan dengan pengumuman paket kebijakan ekonomi jilid III.

Harga solar bersubsidi ditetapkan turun Rp 200 per liter dari Rp 6.900 per liter menjadi Rp 6.700 per liter dan berlaku mulai 10 Oktober 2015. Sementara harga Premium tetap Rp 7.300 per liter. 

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru